Ditemui Pramono-Rano, Eks Gubernur Fauzi Bowo Akan Berikan Dukungan di Pilgub Jakarta?

Cagub-Cawagub Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno Bertemu dengan Fauzi Bowo di Museum MH Thamrin, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Mantan Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo Bertemu dengan pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta, Pramono Anung dan Rano Karno. Pertemuan itu sebagai sinyal dukungannya ke pasangan calon di Pilgub Jakarta?

Debat Calon di Pilkada Bintan Kepri Ditiadakan, Ini Penggantinya

Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke, mengaku belum tentu mendukung pasangan Pramono Anung-Rano Karno di Pilkada Jakarta. Ia menegaskan bakal melihat terlebih dahulu program kerja dari keduanya.

"Itu saya juga belum lihat programnya kayak apa ya. Jadi, kita lihat dulu kita tunggu lah," ujar Fauzi Bowo kepada wartawan di Museum MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 3 September 2024.

Suswono ke PKS Jakarta Minta Hidupkan Mesin Partai Menangkan Pilgub Jakarta

Di sisi lain, Fauzi Bowo berpesan kepada Pramono-Rano untuk melanjutkan pembangunan di Jakarta. Ia menekankan agar Pramono-Rano meneruskan program yang sudah baik pelaksanaannya.

"Saya kira pemahaman dari beliau-beliau berdua ini yang sudah sangat tepat, dalam konteks ini saya mau, beliau sudah mengutarakan bahwa pembangunan itu harus berkesinambungan dan harus dilihat dengan kacamata yang berkesinambungan," kata Fauzi Bowo.

Suswono Janji Cari Akar Masalah Keberadaan 'Kampung Narkoba'

"Sehingga kita paham apa permasalahannya dan kemudian bagaimana kita lanjutkan. Yang buruk tidak perlu dilanjutkan, tapi yang sudah baik saya kira itu yang jadi tanggung jawab kita bersama, juga masyarakat, untuk mendukung," imbuhnya. 

Sebelumnya diberitakan, Bakal cagub-cawagub Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno melakukan pertemuan dengan Gubernur Jakarta periode 2007-2012, Fauzi Bowo atau yang lebih akrab disapa Foke. Pertemuan itu berlangsung di Museum M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 3 September 2024.

Fauzi Bowo mengaku, Pramono memiliki peran yang sangat penting ketika dirinya terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012.

"Kalau bukan karena beliau (Pramono), gue nggak akan jadi gubernur," kata Fauzi Bowo.

Dalam kesempatan itu,  Foke menyampaikan sejarah kota Jakarta. Termasuk, kata dia, struktur ekonomi masyarakatnya. Namun, ia berkelakar bahwa Rano Karno sudah mengetahui seluk beluk kota Jakarta, khususnya masyarakat Betawi.

"Dipertemuan yang baik ini saya mau manfaatin juga untuk mau memberikan informasi dan ingin mengajak beliau-beliau ini lebih mengenal Jakarta udah kenal kota Jakarta saya tahu, sejarahnya, struktur ekonominya, masyarakatnya, termasuk masyarakat Betawi nya. Kalau si Doel sih enggak usah dikenalin," kata dia.

Si Doel yang dimaksud adalah Rano Karno. Sebab Rano adalah pemeran Si Doel dalam film Si Doel Anak Betawi yang sangat fenomenal. Foke menjelaskan bahwa Jakarta memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari kebangkitan, perjuangan hingga menjadi Ibu Kota Indonesia yang saat ini akan pindah ke Nusantara di Kalimantan Timur.

"Jadi di dalam perjalanan sejarah Jakarta ini, enggak ada kota yang lebih banyak syarat dengan muatan sejarah bangsa ini selain Jakarta, mulai dari kebangkitan bangsa, sejarah perjuangan kemerdekaan, mengisi kemerdekaan. Sampai Ibu Kota dipindahkan ke Nusantara IKN," kata Fauzi Bowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya