Komentar Psikolog Soal Program Mobil Curhat Ridwan Kamil

Ridwan Kamil berjanji bahwa di tahun pertamanya sebagai gubernur, ia akan meningkatkan jumlah pohon yang ditanam di Jakarta hingga tiga kali lipat dibandingkan sebelumnya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (PP HIMPSI) Samanta Elsener menyorot wacana Ridwan Kamil menghadirkan ‘mobil curhat’ untuk warga DKI Jakarta.

Ridwan Kamil-Suswono Ditargetkan Menang Satu Putaran di Pilkada Jakarta

Menurutnya, program yang dibutuhkan warga Jakarta bukan Cuma sekedar curhat ke psikolog, tapi program yang berkelanjutan seperti akses BPJS gratis serta gratis ke psikolog di rumah sakit atau puskesmas.

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK)

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Pesan Risma kepada Relawan di Pilgub Jatim: Amankan Suara Kita

Kemudian, lanjut Elsener, warga Jakarta juga butuh fasilitas terbuka hijau untuk menghabiskan waktu di alam terbuka yang memiliki kualitas udara baik. Dalam fasilitas terbuka hijau itu juga perlu disediakan lapangan olahraga.

Dia mengungkap, dalam banyak penelitian sudah terbukti bahwa makin sering orang bergerak maka makin sehat jiwa dan raga orang tersebut. Menurutnya, program-program seperti ini lebih bermanfaat untuk menurunkan stres daripada Mobil Curhat.

Adu Tagline 3 Pasangan Cagub-Cawagub Jakarta

"Kalau dengan menghadirkan 'Mobil Curhat' apakah Pak Ridwan bisa memastikan mobilnya nyaman dengan standar luas dan dekorasi ruangan yang sesuai standar ruang konsultasi?” kata Elsener dikutip dari Antara Selasa, 3 September 2024.

Daripada Mobil Curhat, Elsener kembali menyarankan alangkah lebih baik jika diperbanyak psikolog yang praktik di Puskesmas, rumah sakit dan sekolah.

“Bila perlu di level kelurahan agar warga yang mau konsultasi ke psikolog dengan gratis pakai BPJS,” pungkasnya.

Salah satu yang menjadi fokus utama adalah proyek pembangunan Giant Sea Wall di kawasan Jakarta Utara, yang bertujuan mengatasi masalah banjir akibat kenaikan air laut.

Ridwan Kamil ungkap Program Titipan Prabowo untuk Jakarta

Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil (RK), menyampaikan bahwa ia telah menerima mandat dari Prabowo terkait pembangunan Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024