Eks Gubernur Jakarta Fauzi Bowo ke Pramono: Kalau Bukan Beliau, Gue Nggak Jadi Gubernur

Bakal cagub-Cawagub Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno Bertemu dengan Fauzi Bowo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Bakal cagub-cawagub Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno melakukan pertemuan dengan Gubernur Jakarta periode 2007-2012, Fauzi Bowo atau yang lebih akrab disapa Foke. Pertemuan itu berlangsung di Museum M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 3 September 2024.

Survei LSI: RK-Suswono Unggul dari Pramono-Rano dan Dharma-Kun di Pilgub Jakarta

Fauzi Bowo mengaku, Pramono memiliki peran yang sangat penting ketika dirinya terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012.

"Kalau bukan karena beliau (Pramono), gue nggak akan jadi gubernur," kata Fauzi Bowo.

Pramono Anung-Rano Karno Bakal Temui Ahok Lalu SBY Besok

Dalam kesempatan itu,  Foke menyampaikan sejarah kota Jakarta. Termasuk, kata dia, struktur ekonomi masyarakatnya. Namun, ia berkelakar bahwa Rano Karno sudah mengetahui seluk beluk kota Jakarta, khususnya masyarakat Betawi.

"Dipertemuan yang baik ini saya mau manfaatin juga untuk mau memberikan informasi dan ingin mengajak beliau-beliau ini lebih mengenal Jakarta udah kenal kota Jakarta saya tahu, sejarahnya, struktur ekonominya, masyarakatnya, termasuk masyarakat Betawi nya. Kalau si Doel sih enggak usah dikenalin," kata dia.

Ridwan Kamil soal Pengumuman Timses: Mudah-mudahan, Mungkin Paling Telat Besok

Si Doel yang dimaksud adalah Rano Karno. Sebab Rano adalah pemeran Si Doel dalam film Si Doel Anak Betawi yang sangat fenomenal. Foke menjelaskan bahwa Jakarta memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari kebangkitan, perjuangan hingga menjadi Ibu Kota Indonesia yang saat ini akan pindah ke Nusantara di Kalimantan Timur.

"Jadi di dalam perjalanan sejarah Jakarta ini, enggak ada kota yang lebih banyak syarat dengan muatan sejarah bangsa ini selain Jakarta, mulai dari kebangkitan bangsa, sejarah perjuangan kemerdekaan, mengisi kemerdekaan. Sampai Ibu Kota dipindahkan ke Nusantara IKN," kata Fauzi Bowo.

"Jadi, saya mau manfaatin di dalam sejarah itu banyak orang-orang berjasa terhadap Kota Jakarta, terhadap Indonesia, bangsa kita ini, di antaranya adalah Muhammad Husni Thamrin," sambungnya.

Sebagai informasi, bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Pramono Anung-Rano Karno berencana mendatangi para mantan Gubernur DKI Jakarta. Beberapa tokoh yang akan ditemui adalah Sutiyoso alias Bang Yos, Fauzi Bowo, hingga yang menjabat sekarang yakni Pj Gubernur Heru Budi Hartono.

Hal itu diungkap keduanya saat melakukan olahraga di kawasan CFD Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 1 September 2024. 

"Saya dan Bang Rano akan sowan, akan dateng ke semua Gubernur Jakarta. Mulai dari Bang Yos duluan, Bang Foke, Mas Anies, Ahok dan terakhir tentunya kepada Pj Gubernur sekarang. Jadi, kami yang datang," kata Pramono. 

Sementara Rano Karno menambahkan, dirinya bersama Pramono memang membutuhkan saran dari para mantan Gubernur, termasuk Heru Budi Hartono yang kini masih menjabat Pj Gubernur DKI Jakarta.

Menurutnya, saran ini diperlukan untuk menyelaraskan visi dan misi Pramono-Rano dengan arah pembangunan Jakarta yang sudah tertuang dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Jakarta tahun 2025-2045.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya