HNW Respons Anies: PKS Tidak Merasa Tersandera, Kami Bebas Merdeka!

Hidayat Nur Wahid alias HNW.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid alias HNW merespons omongan Anies Baswedan soal banyak partai politik yang saat ini tersandera.

Debat Calon di Pilkada Bintan Kepri Ditiadakan, Ini Penggantinya

HNW mengaku tak memahami maksud pernyataan Anies. Dia hanya menegaskan selama ini PKS tidak tersandera pihak manapun. 

"Ya saya enggak tahu ya yang dimaksud beliau. Partai-partai itu mana saja gitu. Kalau kami, PKS dalam faktanya kita dulu mencalonkan Pak Anies tahun 2017, tahun 2024 mencalonkan Pak Anies lagi. Dan, kami tidak merasa tersandera," kata HNW di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 3 September 2024.

Suswono ke PKS Jakarta Minta Hidupkan Mesin Partai Menangkan Pilgub Jakarta

Anies Baswedan menyampaikan keterangan usai gagal mencalonkan di Pilkada 2024

Photo :
  • Youtube Anies Baswedan

Bahkan, kata dia, PKS pada Pilgub Jakarta 2024 juga hampir mencalonkan Anies Baswedan. Namu, Mahkamah Konstitusi (MK) saat itu telat mengumumkan putusan sehingga partainya terlanjur berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mengusung Ridwan Kamil-Suswono.

KPU Nyatakan Tiga Paslon di Pilgub Jakarta Sudah Penuhi Syarat, Suswono Ungkap Hal Ini

"Dan ketika kami mencalonkan Pak Anies untuk Pilgub di Jakarta, kami juga tak tersandera. Seandainya waktu itu Pak Anies memenuhi 4 kursi, siapa yang tersandera? Enggak ada yang tersandera kan," ungkapnya.

"Atau kalau misalnya MK membacakan putusan, kan itu sebetulnya tanggal 1 Agustus, tapi baru dibacakan 20 Agustus. Kalau dibacakan 5 Agustus saja, nggak ada yang tersandera tuh. Akan dengan sendirinya PKS mencalonkan Pak Anies," ujar Wakil Ketua MPR itu.

HNW pun kembali menegaskan bahwa PKS tidak tersandera pihak manapun. Sebab, dalam Pilkada 2024, PKS tak selalu berkoalisi dengan partai-partai penguasa. 

"Tapi inilah yang terjadi sekarang, dan bahwa bukti PKS tidak tersandera, adalah bahwa di pilkada di luar Jakarta, PKS berkoalisi dengan pihak lain, tidak sepenuhnya dengan kekuasaan," lanjut HNW.

Dia pun menepis omongan Anies bahwa PKS merdeka dan tak merasa tersandera.

"Kami tidak merasa tersandera, kami bebas merdeka! Kami berkoalisi dengan berbagai kelompok, kadang malah sendirian," ujar HNW.

Sebelumnya, eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menanggapi soal usulan maupun desakan agar dirinya masuk ke dalam partai politik usai gagal beryar di Pilkada 2024.

Anies menyampaikan omongannya dalam 'Catatan Anies Pasca Pilpres dan Pilkada 2024' yang dikutip dari laman Youtube Anies Baswedan, Jumat, 30 Agustus 2024. "Ada yang usul supaya saya masuk partai atau bikin partai politik," kata Anies.

Anies mengawalinya dengan bertanya soal peluangnya masuk salah satu partai politik, dalam situasi banyak parpol 'tersandera' seperti sekarang ini.  

"Nah, gini, kalau masuk partai, pertanyaannya gini, partai mana yang tidak tersandera oleh kekuasaan?" ujar Anies

"Jangankan dimasukin, mencalonkan aja terancam agak berisiko juga bagi yang mengusulan jadi ini adalah sebuah kenyataannya," ujar Anies.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya