KPU Ungkap Hasil Tes Kesehatan 3 Pasangan Bakal Calon Gubernur Jawa Timur

Khofifah, Risma, dan Luluk Calon Gubernur Jawa Timur
Sumber :
  • Wikipedia\

Surabaya, VIVA – Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Aang Khunaifi mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil tes kesehatan terhadap tiga pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Jawa Timur dinyatakan sehat dan memenuhi syarat, sehingga bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya. Hal itu berdasarkan tes kesehatan yang dilakukan oleh Tim Dokter RSUD dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Bawaslu Ultimatum Para Calon Peserta Pilkada Tahan Diri Tak Manfaatkan CFD

Tiga pasangan bakal calon yang ikut berkontestasi di Pilkada Jawa Timur 2024 ialah Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Khofifah-Emil), Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans, serta Luluk Nur Hamidadh dan Lukmanul Khakim (Luluk-Lukman). Khofifah-Emil mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024. Sementara Risma-Gus Hans dan Luluk-Lukman pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Setelah berkas dinyatakan lengkap, Khofifah-Emil kemudian melakukan tes kesehatan pada Kamis, 29 Agustus 2024. Sementara, Risma-Gus Hans dan Luluk-Lukman menyusul menjalani pemeriksaan pada Sabtu, 31 Agustus 2024. Ketiga bakal pasangan calon itu semuanya mengikuti tes kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Struktur Timses RK-Suswono Akan Diumumkan Pekan Depan, Bakal Diisi 70 Persen Anak Muda

Ketiganya juga dinyatakan negatif dari penyalahgunaan narkotika jenis apa pun. "Kesimpulan tim pemeriksa kesehatan yang dibentuk RSUD dr Soetomo menyimpulkan, dari tiga paslon yang dilakukan pemeriksaan dianggap mampu,” kata Aang Khunaifi pada Senin, 2 September 2024.

Pekerja menata kotak suara pemilu berbahan baku karton usai dirakit di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat, 1 Februari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ridwan Kamil Sambangi DPW PKS Jakarta: Kita Berikan Pengenalan

Sementara Komisioner KPU Jawa Timur, Nur Salam menjelaskan setelah pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon selesai, tahap selanjutnya ialah verifikasi faktual administrasi syarat pencalonan. Bila semua selesai, maka penetapan pasangan calon Pilgub Jawa Timur akan diumumkan pada 22 September 2024.

“Nanti kami tetapkan gabungan seluruh administrasi, termasuk kesehatan di penetapan 22 September," kata Salam.

Seperti diketahui, Pilgub Jawa Timur 2024 kini diikuti 3 pasangan bakal calon yaitu Khofifah-Emil. Duet ini diusung total 15 partai politik parlemen dan nonparlemen. Yakni Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, PAN, PKS, Partai NasDem, PSI, Partai Perindo, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda, dan Partai Prima.

Sementara Risma-Gus Hans diusung oleh PDIP, Partai Hanura, dan Partai Ummat. Sedangkan, Luluk-Lukman diusung oleh satu partai pemenang Pileg 2024 di Jawa Timur yakni PKB. Dua bakal pasangan calon ini diprediksi akan mengeroyok duet petahana, Khofifah-Emil.

Bakal calon gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno Bertemu Jusuf Kalla

Pramono Anung Bakal Temui Ahok, Anies hingga Jokowi

Pertemuan dengan mantan Gubernur Jakarta itu dilakukan karena ingin mempelajari soal masalah di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024