Jadi Paslon Terkuat di Pilgub Kalteng, Agustiar dan Edy Punya Andil Dongkrak Elektabilitas

Pendukung Cagub Kalteng Agustiar Sabran
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Menuju perhelatan Pilgub Kalimantan Tengah (Kalteng) 2024, elektabilitas bakal cagub Kalteng Agustiar Sabran jadi yang teratas. Salah satu faktor moncernya elektabilitas Agustiar karena figur cawagub Edy Pratowo.

Tingkatkan Potensi Pariwisata di Bangkep, Anwar Hafid Golkan Rp56 Miliar Bangun Pelabuhan Salakan

Pengamat Politik Universitas Palangkaraya Jhon Retei Alfri menilai popularitas Agustiar sudah tinggi lantaran dikenal masyarakat Kalteng. Namun, menurut dia, ada faktor lain. 

Dia bilang, sosok cawagub Edy Pratowo juga punya andil besar dalam membantu naiknya elektabilitas Agustiar.

Fadhil Rahmi jadi Cawagubnya Bustami di Pilgub Aceh Gantikan Tu Sop

"Selain karena tingginya popularitas Pak Agustiar, termasuk di dalamnya juga posisi wakil yaitu Pak Edy Pratowo yang juga tinggi eksistensinya di masyarakat," kata Jhon, Senin, 2 September 2024.

Jhon menilai Edy sebagai figur Wakil Gubernur Kalteng periode 2021-2024 yang sudah punya basis massa yang jelas. Dengan status sebagai petahana, Edy beri keuntungan ke Agustiar.

Punya Pengalaman Panjang Kelola Pemerintahan, Anwar Hafid Dinilai Bukan Pemimpin Biasa

Pasangan Cagub dan Cawagub Kalteng Agustiar Sabran-Edy Pratowo

Photo :
  • Istimewa

Menurut dia, dengan menjabat sebagai Wagub Kalteng selama lima tahun dianggap memiliiki pendukung yang sudah ada dan solid. Kondisi itu akan menguntungkan posisi Agustiar sebagai Cagub Kalteng.

"Publikasi Pak Edy seperti kunjungan kerja sebagai Wakil Gubernur saya kira menjadi salah satu yang membuat masyarakat memberikan pilihan lebih besar persentasenya," tuturnya.

Sebelumnya, lembaga survei Poltracking Indonesia merilis temuan survei untuk Pilgub Kalteng. Survei dilakukan dalam kurun waktu periode 1-7 Agustus 2024. 

Dari temuan survei, elektabilitas duet Agustiar-Edy berada di angka 38,9 persen. Sementara, posisi dua ada pasangan calon atau paslon Nadalsyah (Koyem)-Supian Hadi dengan 26,6 persen. Kemudian, di posisi ketiga ada paslon Abdul Razak-Sri Suwanto dengan elektabilitas 7,2 persen.

Kemudian, posisi selanjutnya ada duet Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya dengan elektabilitas sebesar 6,8 persen. Dari data hasil survei tersebut, pasangan Agustiar-Edy berada dalam posisi yang menguntungkan.

Duet Agustiar-Edy hanya tinggal merawat basis pendukung di akar rumput untuk memenangkan Pilgub Kalteng 2024. Temuan survei Poltracking melaporkan adanya peluang besar terhadap Agustiar-Edy untuk memenangkan pertarungan dalam konstelasi Pilgub Kalteng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya