Punya Ide Bangun Perumahan di Tengah Kota, RK: Agar Anak Muda Tidak Stres

Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) berencana membangun perumahan di tengah kota sesuai arahan Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Hal itu, kata RK, agar anak muda yang tinggal maupun bekerja di Jakarta tak mudah stres. 

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Awalnya, RK mengungkap dirinya mengamati problematika anak muda terkait masalah kepemilikan rumah. 

"Menurut saya, salah satu problem di Jakarta adalah jarak rumah ke tempat kerja terlalu jauh, karena terlalu jauh membuat orang akhirnya stres, membuat penghasilan warga Jakarta 30 persen habis di transportasi oleh yang membuat polusi menjadi Kota ketiga terburuk di dunia betul?" kata RK di Markas Fanta HQ, Menteng Jakarta Pusat, Senin, 2 September 2024.

Dasco Bantah Hubungan Prabowo-Gibran Retak Gegara Akun Kaskus Fufufafa

Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

"Nah jadi salah satu gagasan dan arahan pak Prabowo salah satunya adalah Jakarta, tolong membuat perumahan di tengah kota tapi tanahnya abis," sambungnya. 

Dasco Sebut Komposisi Menteri Kabinet Prabowo Rampung H-5 Pelantikan

Eks Gubernur Jawa Barat itu menilai, pembangunan rumah-rumah di kawasan padat penduduk bisa dilakukan secara vertikal atau membuat rumah di atas-atas pasar Jakarta. Bahkan di atas lahan-lahan pemerintahan yang ditinggal ke IKN. 

"Maka nanti coba upayakan membangun di atas pasar-pasar Jakarta, di atas Manggarai, Dukuh atas, di atas Tanah Abang, Djuanda, dll," ungkapnya.

"Secinta itu Prabowo kepada yang nomer satu (rakyat). Jadi presiden yang peduli dengan perumahan rakyat, Jakarta vertikal ya termasuk gagasan membangun di atas jalan dan lain sebagainya, itu akan menjadi prioritas," jelas dia. 

RK lantas mengungkit soal mahalnya biaya hidup di Jakarta. Hal itu diketahuinya saat mengadakan survei dengan bertanya kepada pekerja-pekerja di Jakarta. 

Bakal cagub Jakarta, Ridwan Kamil saat menyambangi TKN Fanta di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 2 September 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Kata RK, banyak anak muda berharap penghasilannya lebih stabil jika transportasi dari rumah ke tempat kerja lebih terjangkau. 

"Harapan-harapan itu yang akan diperjuangkan ya supaya anak-anak muda yang penghasilannya masih pemula bisa pindah di tengah kota dengan keterjangkauan," tandas RK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya