Punya Komitmen Perbaiki Ekosistem di Sulteng, Anwar Hafid Dapat Dukungan Aktivis Lingkungan

Bakal calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi Tengah, VIVA – Dukungan terhadap calon Gubernur Sulawesi Tengah Anwar Hafid terus berdatangan, kali ini dari kalangan aktivis lingkungan. Para aktivis menilai Anwar Hafid sebagai sosok pemimpin yang tepat untuk menjaga dan memperbaiki ekosistem di Sulawesi Tengah, mengingat komitmennya yang kuat terhadap isu-isu lingkungan dan reformasi agraria.

Greeneration Foundation Target Kumpulkan Rp1,2 Triliun per Tahun untuk Atasi Perubahan Iklim

Aktivisi Agraria, Eva Bande menuturkan, saat diskusi bersama Anwar Hafid, Ketua Demokrat Sulteng ini memiliki jawaban-jawaban konkret yang menurut Eva tidak terlihat dari kandidat lain. Oleh karena itu, dukungan ini diberikan dengan penuh kepada pemimpin yang berani memperjuangkan hak-hak rakyat yaitu Anwar Hafid. 

“Komitmen itu disampaikan secara tegas kepada saya dan beberapa teman, sebagai respon kami, kami berada di barisan Bapak Anwar Hafid dan Ibu Reny,” kata Eva.

KAI Logistik Catat Kinerja Angkutan Limbah B3 Meningkat Signifikan

Bakal calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid

Photo :
  • Istimewa

Menurut Eva, diskusi tersebut mempertegas bahwa Anwar Hafid tidak hanya sekadar berbicara, tetapi juga mendengarkan dan mencari kesetaraan dalam berbagai pembahasan, terutama yang menyangkut isu-isu lingkungan.

Ratusan Orang Beri Penghormatan Terakhir untuk Aktivis Eygi yang Tewas di Tepi Barat

Kata Eva, hal yang paling terlihat dari keseriusan tersebut adalah poin penting yang disampaikan Anwar Hafid untuk melaksanakan reforma agraria dan menyelesaikan konflik-konflik agraria di Sulawesi Tengah. Karena selama ini menjadi tantangan besar bagi pemerintah daerah dan kurang diperhatikan oleh pemerintah daerah. 

“Kemudian itu ketemu titik-titik temunya, Pak Anwar memberikan komitmen dua hal pertama melaksanakan reforma agraria dan menyelesaikan konflik-konflik di Sulteng ini,” kata Eva. 

Oleh karena diskusi tersebut, tercetuslah gerakan Samrat BERANI. Samrat merupakan akromonim dari nama jalan protokol di Kota Palu yakni Sam Ratulangi. Nama jalan ini diambil karena Samrat adalah saksi perjuangan aktivis untuk memperjuangkan reformasi pada tahun 1998 dan kebetulan, kediaman Anwar Hafid berada juga di jalan Samrat tersebut. 

Komitmen Anwar Hafid terhadap reforma agraria dan penyelesaian konflik agraria menjadi fokus utama karena keduanya berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Dengan reforma agraria, masyarakat mendapatkan akses yang lebih adil terhadap sumber daya alam, sementara penyelesaian konflik agraria dapat menciptakan kondisi yang lebih stabil dan kondusif bagi pembangunan berkelanjutan di Sulawesi Tengah.

Dengan dukungan dari aktivis lingkungan, Anwar Hafid semakin menguatkan posisinya sebagai calon Gubernur yang tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada aspek keberlanjutan dan kelestarian ekosistem Sulawesi Tengah. Artinya, Sulawesi Tengah akan memiliki pemimpin yang berkomitmen penuh pada penanganan isu-isu lingkungan dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya