Tak Peduli Basis Pendukung Anies Masih banyak di Jakarta, Ridwan Kamil Ingin Jual Gagasan Terbaik

Ridwan Kamil-Suswono Daftar Cagub Wagub di KPU DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Ridwan Kamil mengatakan bahwa dirinya tidak ambil pusing soal basis pendukung Anies Baswedan masih banyak di Jakarta. Sebagai calon gubernur atau cagub yang akan bertarung di Pilgub Jakarta, ia mengaku hanya akan tetap menjual gagasan terbaiknya dalam masa kampanye nanti.

Adu Tagline 3 Pasangan Cagub-Cawagub Jakarta

"Kami konsisten kalau saya yang kita jual adalah gagasan baik ke basis massa siapapun lah kira-kira begitu jadi nggak spesifik," ujar Ridwan Kamil kepada wartawan dikutip Senin 2 September 2024.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu menyinggung soal dua kali pilkada yang telah dilaluinya sebelumnya. Baik saat Pilkada Kota Bandung yang dia menangkan walau melawan petahana, maupun saat Pilgub Jawa Barat. 

Membongkar Visi Misi 3 Pasangan Cagub-Cawagub Jakarta

"Saya bukan soal basis siapa basis siapa dari dulu 2 kali pilkada saya jualan gagasan aja. Mau dia dulunya dia kuat di siapa sama juga saya kan 8 pasang di pilwalkot Bandung melawan incumbent wakil wali kota kan sekdanya, gubernur melawan gubernur Pak Dedi Mizwar, sama aja," tegasnya. 

Diberitakan sebelumnya, bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil mengatakan bahwa dirinya maju di Pilgub Jakarta tahun 2024 ini karena mendapatkan mandat dari Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Permintaan tersebut demi keberlanjutan kota Jakarta pasca tak lagi menjadi Ibu Kota Negara.

Janji Ridwan Kamil Jika Jadi Gubernur Jakarta: Fokus Kerja Tanpa Drama

Ridwan Kamil mengatakan bahwa Prabowo meminta agar ada tekonorat untuk Jakarta nantinya. Sebab, itu akan menjadi bagian transisi perpindahan ibu kota Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Perintah dari partai arahan dari Pak Prabowo, Jakarta butuh teknokrat yang bisa memikirkan apa, pasca tidak lagi jadi ibu kota. Kebetulan saya kurator IKN, Jadi paham apa risiko dan konsekuensi Dari perpindahan populasi ke IKN, kan gedung-gedung kosong ditinggalin di Monas dan lain sebagainya di kawasan itu," ujar Ridwan Kamil di Jakarta Selatan pada Minggu 1 September 2024.

RK sapaan akrabnya, menuturkan bahwa dengan majunya dia di Pilgub Jakarta artinya menjadi satu tujuan dengan Prabowo Subianto. Maka itu, RK mau ditunjuk untuk maju di Pilgub Jakarta.

"Artinya nah itu yang penting, Beliau tenang, beliau fokus Jakarta diurus oleh koalisi yang kebetulan saya juga ketua TKD, Memenangkan Pak Prabowo Gibran, 58 persen Tertinggi 18 juta suara," kata RK.

RK mengatakan jika dirinya nanti terpilih di Pilgub Jakarta, maka program pemerintahan selanjutnya tak menutup kemungkinan akan selaras.

"Sehingga mudah-mudahan dalam lima tahun kalau takdirnya ada, Tidak banyak dinamika. Karena hampir 90 persen parlemen di Jakarta nya Tentunya berada dalam rombongan kita," beber RK.

"Artinya apa, kalau kami nanti takdirnya ada, Lima tahun itu beritanya tentang kerja. Kerja, inovasi, meresmikan, karya tidak ada drama-drama di DPRD misalnya," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya