Forum IAPF 2024, Puan Ungkap Proyeksi RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat di Dunia

Ketua DPR RI Puan Maharani saat membuka Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) 2024 di Grand Hyatt Bali - Foto: Istimewa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali, VIVA – Parlemen Indonesia memiliki peran strategis karena sejarah yang panjang dalam upaya penguatan kerja sama dengan negara-negara di kawasan Afrika.

Anindya Bakrie Terpilih Jadi Ketum Kadin, Ini Harapan Daerah

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani saat membuka Indonesia-Africa Parliamentary Forum (IAPF) 2024 di Grand Hyatt Bali, Minggu, 1 September 2024.

“Jika pada 1955 pemerintah berperan dominan dalam mendorong kerja sama Asia-Afrika, kini di 2024, parlemen menjadi faktor penting dalam memperkuat hubungan kedua benua,” kata Puan Maharani.

Dihadiri 21 Pengurus Provinsi, Munaslub Kadin Digelar Hari Ini

Saat ini, katanya, pemerintah tidak lagi bertindak sendirian, melainkan perlu berkonsultasi dengan parlemen untuk mencapai kesepakatan dalam kerja sama internasional.

Ketua DPR RI Puan Maharani.

Photo :
  • Istimewa
Jumlah Pekerja Kena PHK di Indonesia Naik 21,45 Persen, DKI Jakarta Paling Banyak

Puan pun menekankan pentingnya membangun kemitraan antar parlemen untuk memperluas hubungan antara Afrika dan Indonesia menjadi lebih inklusif.

“Parlemen adalah wakil rakyat, yang dapat mendorong dan bersinergi dengan pemerintah dalam memperkuat kerja sama internasional, terutama antar negara berkembang,” jelasnya.

Puan Maharani berharap Indonesia-Africa Parliamentary Forum 2024 dapat meningkatkan hubungan antara negara-negara Afrika dan Indonesia.

Forum IAPF dengan tema 'Memperkuat Kemitraan Parlemen Indonesia-Afrika untuk Pembangunan' ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat di kedua kawasan dalam merespon tantangan dinamika global, serta berkontribusi pada perdamaian dan kesejahteraan.

Dalam forum ini, Indonesia dan negara-negara Afrika akan memetakan kerja sama di masa depan pada berbagai bidang yang menjadi kepentingan bersama.

Terlebih, Afrika telah memiliki Agenda 2063: The Africa We Want, sebuah cetak biru untuk mentransformasi Afrika menjadi kekuatan utama dunia di masa depan.

“Indonesia tentunya siap menjadi mitra Afrika, mengingat potensi Indonesia yang diproyeksikan menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia pada tahun 2050,” ujarnya.

Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah)..

Photo :
  • Istimewa

Ada beberapa sektor kunci yang dapat menjadi fokus kerja sama, di antaranya pengembangan energi terbarukan, peningkatan ketahanan pangan, dan pembangunan ekonomi digital.

Selain itu, kerja sama dalam meningkatkan partisipasi perempuan di sektor ekonomi dan politik juga menjadi prioritas, mengingat peran perempuan yang signifikan dalam pembangunan masyarakat.

“Hubungan Afrika dan Indonesia bukan hanya berakar dari sejarah, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa mengeksplorasi peluang kerja sama di masa depan,” kata Puan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya