RK Ungkap Punya 3 Tiket Pilkada Jakarta Sebelum Putuskan Maju Sebagai Kader Parpol

Calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, menjalani tes kesehatan secara komprehensif pada hari ini sebagai bagian dari proses pencalonannya dalam Pilkada Jakarta 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil mengatakan bahwa dirinya bersama dengan Suswono maju di Pilgub Jakarta 2024 sebagai seorang kader dari partai politik (Parpol). Ia pun menyebut ada tiga pilihan atai tiket sebelum akhirnya maju di kontestasi kepala daerah tahun 2024.

Ridwan Kamil ungkap Program Titipan Prabowo untuk Jakarta

RK menyebutkan bahwa salah satu pilihannya yakni menjadi seorang kader yang dimajukan oleh Partai Golkar dan Suswono dari kader PKS.

"Kedua, independen yang diajukan partai itu bisa. Dulu saya wali kota Bandung masih independen, Gubernur Jabar masih independen, tapi di sini kami sudah berpartai," kata RK di kawasan Jakarta Selatan pada Minggu 1 September 2024.

Ridwan Kamil-Suswono Ditargetkan Menang Satu Putaran di Pilkada Jakarta

Bacagub DKI Jakarta Ridwan Kamil di Jakarta Selatan

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Dan pilihan yang ketiga ditawarkan itu yakni maju sebagai seorang independen tanpa diusung oleh partai politik mana pun. Ia mencontohkan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Pesan Risma kepada Relawan di Pilgub Jatim: Amankan Suara Kita

"Jadi sebenarnya demokrasi kita sudah memberi ruang, kalau ditanya kenapa koalisi kami ini besar, Karena kami sebagai kader itu negosiasi politiknya bukan oleh si pengantin. Negosiasi politik dilakukan oleh pimpinan partai dan para pimpinan partai menyepakati, agar mungkin waktu pilpresnya terpisah-pisah Tapi di Pilkada Jakarta justru disatukan, rekonsoliatif," ucap RK.

"Jadi sebenarnya ini koalisi, rekonsoliasi, koalisi yang sifatnya persatuan," sambungnya.

Lantas, RK pun berharap dengan berpasangan bersama Suswono ini bisa meraih sebuah kemenangan di Pilgub Jakarta 2024 tanpa adanya banyak dinamika.

"Karena hampir 90 persen parlemen di Jakartanya Tentunya berada dalam rombongan kita," tukasnya.

RK Resmi Didukung Relawan Prabowo-Gibran

Pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono resmi mendapatkan dukungan dari 33 Komunitas Relawan se-Jakarta. Relawan ini semua termasuk merupakan relawan pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Relawan tersebut mendeklarasikan pasangan Ridwan Kamil-Suswono untuk maju di Pilgub DKI Jakarta tahun 2024. Deklarasi ini dilakukan di acara launching Pasukan Jalak, gerakan yang lahir dari Rumah Keluarga Besar (RKB)

“Hari ini kita semua berkumpul di sini untuk bersama-sama berkompetisi kembali memenangkan pasangan yang sudah diperintahkan untuk diusung oleh Pak Prabowo sebagai Presiden terpilih 2024-2029,” ujar mantan Komandan Golf Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti di kawasan Jakarta Selatan pada Minggu 1 September 2024.

Moti menjelaskan bahwa dukungan kepada Ridwan Kamil-Suswono agar bisa menjadi Gubernur DKI Jakarta selanjutnya, karena diyakini bisa membuat Jakarta lebih maju.

Ridwan Kamil, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi terhadap proses pemeriksaan kesehatan yang dijalaninya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Menurutnya, memilih calon pemimpin daerah yang selaras dengan Prabowo-Gibran itu penting.

“Kami tidak menghendaki Gubernur, Bupati, Wali Kota menjadi oposisi terhadap pemerintah pusat, sebagai kepala daerah secara konstitusi sudah seharusnya selaras dan tunduk melaksanakan kebijakan pemerintah pusat,” kata Moti.

“Kami berharap Pilkada Jakarta dan Pilkada serentak untuk memilih Gubernur, Bupati dan Wali Kota di seluruh wilayah Indonesia berlangsung sejuk, rukun dan damai. Jangan ada benturan SARA,” sambungnya.

Ridwan Kamil diyakini bisa membenahi hingga melanjutkan pembangunan di Jakarta lewat sejumlah pengalamannya.

Simpul relawan yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat serta berbagai latar belakang ini berharap Ridwan Kamil dan Suswono dapat melanjutkan kejayaan Jakarta era Ali Sadikin.

“Saya berharap, Bang Emil (Ridwan Kamil) dan Babe Ono (Suswono) menjadi pengayom yang bisa mencapai Jakarta lebih baik lagi di masa mendatang, saya kira itu harapan dari kami komunitas Prabowo- Gibran,” kata Moti.

“Mudah-mudahan lahir pemimpin yang mendukung program Prabowo-Gibran dan tidak menjadi oposan pemerintah,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya