Tes Kesehatan di RS Tarakan, Dharma Pongrekun: Tidur yang Cukup dan Banyak Minum Air Putih

Pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Pasangan independen cagub-cawagub Jakarta, Dharma Pongrekun-Kun Wardana jalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan. 

Mantan Menkes Siti Fadilah Jadi Ketua Timses Dharma-Kun di Pilgub Jakarta

Tes kesehatan bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai peserta Pilgub Jakarta.

Dharma mengungkapkan dirinya mengikuti semua arahan yang diberikan sebelum jalani pemeriksaan kesehatan, termasuk menjalankan puasa sewaktu. 

Pramono Anung Bakal Sambungkan MRT Monas sampai JIS

“Kami selalu patuh dengan perintah yang disampaikan. Jika disuruh puasa, kami puasa," kata Dharma di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Minggu 1 September 2024.

Paslon independen Pilgub Jakarta Dharma Pongrekun dan Kun Wardana

Photo :
  • KPU DKI Jakarta
SK Mundur dari Seskab Belum Diteken Jokowi, Pramono Anung: Saya Taat pada Aturan Main

Dia juga menyampaikan dirinya sudah terbiasa berpuasa. Dengan demikian, ia tak mengalami kesulitan dalam menjalani tes kesehatan tersebut. 

"Sejak lama, saya terbiasa hanya makan sekali sehari. Jadi, kalau diminta untuk berpuasa selama dua hari pun, tidak ada masalah bagi saya," lanjut Dharma. 

Namun, ia mengakui tidak sempat berolahraga beberapa hari terakhir karena jadwal kegiatan yang padat. 

Sebagai persiapan, Dharma memastikan ia dapat istirahat yang cukup serta mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup.

“Tidur yang cukup dan minum banyak air putih sudah cukup bagi saya. Saya minum air mineral hingga sering buang air kecil, karena cairan sangat mempengaruhi kualitas darah kita,” jelasnya.

Sementara, Kun Wardana juga menyampaikan hal serupa. Ia mengaku biasa saja saat jalani tes kesehatan karena sudah rutin melakukan cek darah. 

“Saya sudah terbiasa cek darah. Jadi, saya merasa sudah cukup siap,” kata Kun Wardana.

Adapun tes kesehatan untuk pasangan Dharma dan Kun diperkirakan berlangsung selama kurang lebih 11 jam dengan melibatkan 16 dokter spesialis. Pemeriksaan kesehatan mencakup aspek fisik dan psikis.

Pemeriksaan fisik yang harus dilalui meliputi USG Abdomen, rontgen thorax, pemeriksaan status penyalahgunaan narkoba, spirometri untuk paru-paru. Selain itu, ada juga pengambilan sampel gula darah, pemeriksaan THT KL audiometri, pemeriksaan penyakit dalam, bedah, neurologi, mata, hingga jantung, pembuluh darah, gigi dan mulut.

Dengan jalani tahap pemeriksaan kesehatan, pasangan Dharma dan Kun selangkah lebih dekat untuk memenuhi semua persyaratan dalam proses pencalonan kontestan Pilgub Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya