Selesai Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Ridwan Kamil Cerita Pengalaman Pertama 'Disetrum' Dokter

Bakal cagub dan cawagub Jakarta, Ridwan Kamil (RK)-Suswono selesai menjalani pemeriksaan kesehatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Bakal calon gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (RK) berbagi cerita menarik tentang pengalaman yang ia alami selama menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari tahapan Pilkada Jakarta 2024. 

Catat! Suswono Janji Naikkan Gaji Guru PAUD Setara UMR Jika Menang Pilkada Jakarta

Salah satu momen yang membuatnya terkejut adalah saat dirinya harus menjalani pemeriksaan saraf yang melibatkan prosedur ‘disetrum’ oleh dokter.

Menurut RK, pengalaman tersebut merupakan yang pertama kali baginya selama mengikuti pemilihan kepala daerah. 

Rano Karno: Tak Perlu Strategi Khusus Lawan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

"Saya sudah dua kali ikut pilkada, di Bandung tahun 2013 dan Jawa Barat tahun 2018, tapi baru kali ini ada tes seperti ini," ungkap RK kepada wartawan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Sabtu 31 Agustus 2024.

Ridwan Kamil, menyatakan bahwa dirinya tidak akan banyak berkampanye dengan isu-isu terkait Persija atau Jakmania selama masa kampanye Pilkada.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Tak Mau Kalah dari RK, Pramono Juga Mau Menang Satu Putaran: Lihat Wajah Saya Optimis!

Ridwan Kamil pun tak bisa menahan rasa penasarannya dan langsung bertanya kepada dokter yang memeriksanya. 

“Saya tanya, 'Dok, kenapa kami disetrum sana sini?' Dokternya bilang, 'Biar nanti pemimpin harus responsif ke masyarakat.' Jadi sarafnya dicek sana sini, alhamdulillah selamat,” kata RK sambil berkelakar.

RK, yang berpasangan dengan Suswono sebagai calon wakil gubernur, menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan yang mereka jalani di RSUD Tarakan berjalan lebih cepat dari yang diperkirakan. 

“Alhamdulillah, dari 11 jam yang direncanakan, karena kami insyaallah sehat walafiat, bisa menyelesaikan 2 jam lebih cepat, jadi hanya 9 jam. Harusnya 8 jam, satu jamnya dipakai buat disetrum-setrum oleh dokter saraf,” lanjutnya dengan nada bercanda.

Pasangan RK-Suswono merupakan pasangan calon kedua yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan. 

Sebelumnya, pasangan Pramono Anung dan Rano Karno telah lebih dahulu menyelesaikan pemeriksaan mereka pada Jumat 30 Agustus 2024.

Selanjutnya, pasangan calon perseorangan, Dharma Pongrekun dan Kun Wardana, dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Minggu 1 September 2024.

Pemeriksaan kesehatan bagi ketiga pasangan calon ini direncanakan berlangsung selama sekitar 11 jam, melibatkan 20 dokter spesialis dan 20 tenaga kesehatan tambahan. 

Pemeriksaan ini mencakup berbagai aspek fisik dan psikis, termasuk USG abdomen, rontgen toraks, pemeriksaan status penyalahgunaan narkoba, spirometri paru, serta pemeriksaan penyakit dalam, bedah, neurologi, dan jantung.

Selain itu, ada pula pemeriksaan psikis yang melibatkan tes kepribadian, tes intelijen, wawancara dengan psikiater dan psikolog klinis, serta berbagai tes lainnya yang bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan mental dan fisik para calon pemimpin Jakarta ini.

RK juga tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh tim medis di RSUD Tarakan. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada manajemen RSUD Tarakan dan para dokter yang sangat profesional. Tempatnya juga memadai, bahkan pemandangannya seperti hotel bintang lima, seluruh Jakarta kelihatan," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya