Anies Isyaratkan Bikin Partai Baru, Netizen Antusias Usulkan Nama Partai Perubahan Indonesia

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Youtube Anies Baswedan

Jakarta, VIVA – Dorongan dari masyarakat agar Anies Baswedan terlibat lebih jauh di dunia politik semakin kuat. Menurut Anies, banyak pihak yang menyarankan agar mantan Gubernur DKI Jakarta ini bergabung dengan partai politik.

Kabinet Gemuk Prabowo Akan Lebih Efektif sebab Fokus Kementerian Tersentral, Menurut Gerindra

Namun, Anies dengan tegas menolak untuk masuk ke partai politik. Ia beralasan bahwa tidak ada satu pun partai politik yang tidak tersandera oleh kekuasaan, sehingga sulit untuk bergerak bebas demi kepentingan rakyat.

Meski demikian, Anies tidak menutup kemungkinan untuk membentuk organisasi massa (ormas) atau bahkan partai politik baru jika semangat perubahan dari masyarakat semakin besar.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Rangkul Semua Parpol "supaya Pemerintahannya Lebih Tenang"

“Kita lihat kedepannya, apakah lalu akan buat partai politik baru? Bila untuk mengumpulkan semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu menjadi sebuah kegiatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang kami tempuh,” kata Anies dilansir dari Youtube Anies Baswedan pada Jumat, 30 Agustus 2024.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyapa pendukungnya saat kampanye akbar di pelantran parkir Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Aceh, Sabtu, 27 Januari 2024.

Photo :
  • ANTARA/Khalis Surry
Dukung RK Temui Anies, Gerindra: Akan Ada Tukar Cerita dan Pengalaman

Netizen di X merespons dengan antusias kabar bahwa Anies mengisyaratkan kemungkinan pembentukan partai baru.

Sejumlah netizen mulai mengusulkan nama-nama yang cocok untuk partai tersebut, dan salah satu yang paling mendapat perhatian adalah nama "Partai Perubahan Indonesia" (PBI). 

Nama ini segera menjadi trending di X, menunjukkan betapa besar dukungan dan ekspektasi publik terhadap langkah politik baru yang mungkin akan diambil oleh Anies.

Pada Jumat, 30 Agustus 2024, pukul 2 pagi, "Partai Perubahan Indonesia" berhasil menempati posisi keempat dalam daftar trending di X, hanya satu peringkat di bawah nama Anies Baswedan yang berada di posisi ketiga.

Penamaan "Partai Perubahan Indonesia" dianggap relevan karena Anies dikenal konsisten mengusung narasi perubahan sejak kampanye Pilpres 2024, di mana ia menjadi salah satu calon presiden pada kontestasi tersebut.

Bagi para pendukungnya, kata "perubahan" telah menjadi simbol perjuangan Anies untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, menjadikannya pilihan nama yang kuat dan bermakna untuk partai baru yang mungkin akan ia bentuk.

Narasi perubahan yang secara konsisten digaungkan oleh Anies bahkan membuat anak muda membentuk berbagai organisasi, yang bertujuan untuk mendorong gerakan perubahan tersebut.

Beberapa contoh organisasi yang muncul sebagai hasil dari semangat ini adalah Ubang Bareng, Humanies, dan Olppaemi Project. Organisasi-organisasi ini memiliki fokus untuk menghadirkan wadah guna menyuarakan kepentingan generasi muda dalam proses perubahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya