Cak Imin Curhat dan Unggah Foto Bareng Anies: Kami Saling Mengerti Kondisi Masing-masing

Anies-Muhaimin saat menghadiri sidang putusan hasil Pilpres 2024 di MK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, yang akrab disapa Cak Imin, curhat dengan mengunggah sebuah foto di aplikasi X yang memperlihatkan dirinya bersama Anies Baswedan, pada Jumat, 30 Agustus 2024, pukul 7 malam.

Heboh 'Anak Abah' Mau Coblos 3 Paslon Pilgub Jakarta, Jubir Anies: Itu Dijamin Konstitusi

Foto tersebut diambil pada hari yang sama dengan hari Cak Imin mengunggahnya, menampilkan suasana perbincangan antara keduanya dalam kondisi pencahayaan yang redup, menciptakan kesan yang intim dan serius.

Dalam keterangan yang menyertai unggahan tersebut, Cak Imin menulis bahwa dirinya dan Anies saling mengerti dan memahami kondisi serta keadaan masing-masing.

Doli soal Anies Mau Bikin Parpol Baru: Silakan, Nggak Ada yang Larang

Ungkapan ini memberikan gambaran bahwa Anies memahami alasan Cak Imin harus bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju Plus (KIM Plus) dan mendukung pasangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Padahal, sebelumnya Cak Imin, sebagai Ketua Umum PKB, sempat memberikan sinyal kuat akan mendukung Anies dalam kontestasi tersebut.

Jubir RIDO: Pendukung Anies Tak Perlu Khawatir, Ide Beliau Akan Diteruskan RK-Suswono

Anies Baswedan menyampaikan keterangan usai gagal mencalonkan di Pilkada 2024

Photo :
  • Youtube Anies Baswedan

Di sisi lain, Cak Imin juga mengerti kondisi Anies yang kini memilih untuk tidak maju dalam Pilkada manapun, sebuah keputusan yang diyakini memiliki alasan tersendiri.

“Kami saling mengerti dan memahami kondisi dan keadaan masing-masing,” tulis akun @cakimiNOW, pada Jumat, 30 Agustus 2024

Foto dan pernyataan ini seolah mengisyaratkan bahwa meskipun keputusan politik keduanya tampak berseberangan, hubungan personal dan saling pengertian antara mereka tetap terjaga.

Cak Imin juga menambahkan bahwa dalam pertemuan tersebut, ia dan Anies mengingat kembali kaidah muqoddamun, yaitu prinsip dalam Islam yang menekankan pentingnya mendahulukan hal-hal yang lebih utama dan prioritas.

“Kami tau ada kaidah muqoddamun. Semoga Alloh meridhoi kita semua,” tutup Cak Imin.

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024 itu sama-sama berharap bahwa keputusan yang diambil, baik oleh dirinya maupun Anies, didasarkan pada kaidah tersebut, sehingga tetap berada di jalan yang benar.

Cak Imin pun menyampaikan harapannya agar Allah meridhoi segala usaha dan langkah yang diambil demi kebaikan bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya