Anies Tolak Usulan Kerja di Luar Negeri dan Tetap Pilih Tanah Air: Saya Cinta Indonesia Tanpa Syarat

Anies Baswedan menyampaikan keterangan usai gagal mencalonkan di Pilkada 2024
Sumber :
  • Youtube Anies Baswedan

Jakarta, VIVA – Setelah dipastikan tidak akan ikut dalam Pilkada Jakarta 2024 menyusul keputusan PDI Perjuangan (PDIP) yang mengusung Pramono Anung dan Rano Karno sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur, Anies Baswedan menyatakan komitmennya untuk tetap berada dan bekerja di Indonesia.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Gagalnya Anies maju di Pilkada Jakarta lantas membuat banyak masyarakat penasaran dengan langkah-langkah yang akan diambil Anies ke depannya.

Sebagai tokoh politik yang sebelumnya memiliki rekam jejak signifikan sebagai Gubernur DKI Jakarta, banyak yang menantikan bagaimana Anies akan melanjutkan karier politiknya.

Pramono Anung Soroti Jalur Sepeda Era Anies: Gak Berjalan dengan Baik, Setengah Hati

Di sisi lain, Anies mengungkapkan bahwa banyak pihak yang mengusulkan agar dirinya bekerja di luar negeri. Namun, dengan tegas Anies menolak usulan tersebut, menandakan bahwa adanya dedikasi ia tetap pada bangsa dan negara.

"Banyak sekali yang memberikan usul dan saran, 'lebih baik Anies berkarier di luar negeri saja', ada yang usul saya ke lembaga-lembaga internasional, ada yang usul saya ngajar di kampus-kampus luar negeri. Saya jawab tidak, Insha Allah tidak," kata Anies dilansir dari Youtube Anies Baswedan pada Jumat, 30 Agustus 2024.

Suswono Klaim Siap Lanjutkan Program Anies di Jakarta: Karena PKS Ikut Waktu Menyusun

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Photo :
  • Youtube Anies Baswedan

Menurut Anies, pengabdiannya harus dilakukan di Indonesia, tempat di mana ia merasa memiliki tanggung jawab moral dan kewajiban untuk terus berkontribusi bagi kemajuan tanah air, daripada mengalihkan fokusnya ke luar negeri.

"Saya mencintai Indonesia secara tanpa syarat, di sini saya dilahirkan, di sini saya dibesarkan, dan di sini saya akan berjuang," jelas Anies.

Kecintaan yang mendalam terhadap Indonesia dan komitmennya untuk tetap tinggal serta berkarya menjadi alasan utama dirinya menolak usulan meninggalkan Indonesia, meskipun ada kesempatan atau ajakan untuk bekerja di luar negeri.

"Kecintaan pada Indonesia, membuat saya tidak akan bisa meninggalkan tanah ini. Saya tetap akan berada di Indonesia. Saya akan tetap berkarya di Indonesia. Saya akan tetap berjuang di Indonesia, bersama dengan saudara-saudara sebangsa untuk membuat Indonesia lebih adil, lebih sejahtera bagi semuanya," jelas Anies.

Anies ingin tetap berkontribusi untuk Indonesia dan berjuang demi kebaikan bersama, meskipun saat ini dirinya tidak sedang menjabat sebagai pejabat negara ataupun mengikuti kontestasi politik manapun.

"Saya tidak akan meninggalkan Indonesia dan bekerja di tempat lain, hanya karena situasi yang saya hadapi," tegas Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya