Pertarungan 3 Srikandi di Pilkada Jatim 2024: Khofifah-Risma-Luluk

Khofifah, Risma, dan Luluk Calon Gubernur Jawa Timur
Sumber :
  • Wikipedia\

Jawa Timur, VIVA – Pendaftaran untuk Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024 resmi ditutup pada 29 Agustus 2024, dengan hasil yang menarik perhatian publik. Terdapat tiga pasangan calon yang siap bersaing dalam kontestasi politik lima tahunan ini.

Khofifah Dinilai Banyak Berikan Kemajuan Bagi Jatim, Termasuk Pengembangan Ponpes

Hal unik dari Pilkada Jatim kali ini adalah ketiga calon gubernur yang maju merupakan perempuan, dengan latar belakang yang kuat di bidang politik dan pemerintahan. Berikut profil singkat dari ketiga srikandi yang akan ikut kontestasi Pilkada Jatim mendatang!

1. Khofifah Indar Parawansa

Kepemimpinan Khofifah Dinilai Beri Dampak Positif Majukan Jatim

Bakal calon gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Khofifah Indar Parawansa adalah seorang politisi Indonesia dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Lahir pada tanggal 19 Mei 1965 di Surabaya, Jawa Timur, ia mulai terjun ke dunia politik sejak awal 1990-an.

Eri Cahyadi Ajak Warga Jatim Pilih Pemimpin Berakhlak saat Bersama Khofifah dan Gus Iqdam

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Sosial Indonesia dari tahun 2014 hingga 2018, dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Kerja. 

Kemudian Khofifah mengikuti Pilkada Jatim bersama Emil Elestianto Dardak (Emil Dardak). Mereka berhasil memenangkan kontestasi tersebut dengan memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55% dari jumlah suara keseluruhan, mengalahkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Khofifah bersama Emil Dardak siap maju lagi dalam Pilkada Jatim 2024. Dukungan kuat dari berbagai partai politik, termasuk Partai Golkar, PAN, Demokrat, dan Gerindra, memperkuat niatnya untuk kembali mencalonkan diri. 

2. Tri Rismaharini 

Menteri Sosial, Tri Rismaharini di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Mei 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Tri Rismaharini, lebih dikenal sebagai Risma, lahir di Kediri, Jawa Timur, pada 20 November 1961. Risma merupakan lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dengan gelar arsitektur dan master di manajemen pembangunan kota, serta gelar doktor honoris causa pada tahun 2015.

Risma memulai karier sebagai pegawai negeri sipil di Pemerintah Daerah Kota Surabaya sejak 1997. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Kepala Badan Perencanaan Kota (BAPPEKO) Surabaya, dan Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju.

Risma diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2024. Pengalaman dan prestasinya dalam mengelola kota dan menangani isu sosial membuatnya menjadi calon yang kuat untuk jabatan gubernur Jawa Timur.

Anggota DPR RI Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah

Photo :
  • TV Parlemen

Luluk Nur Hamidah merupakan seorang politikus kelahiran Jombang, Jawa Timur, yang lahir pada 25 Juni 1971. Ia memiliki latar belakang pendidikan yang sangat beragam, termasuk S1 Pendidikan Agama Islam dari IAIN Sunan Ampel Malang, S2 Ilmu Sosiologi dari Universitas Indonesia, dan S2 Publik Administrasi dari Lee Kuan Yew School of Public Policy Singapura (LKYSPP) yang diselesaikan pada tahun 2007.

Di bidang politik, Luluk tergolong aktif sebagai kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan saat ini menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP PKB serta Sekjen DPP Perempuan Bangsa, organisasi sayap PKB.

Luluk juga merupakan anggota Komisi VI DPR RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Jawa Tengah IV. Ia maju dalam kontestasi Pilkada Jatim 2024 diusung oleh PKB berpasangan dengan Lukmanul Khakim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya