Istana Akui Risma Lapor Jokowi jadi Cagub tapi Belum Mundur dari Menteri

Menteri Sosial, Tri Rismaharini
Sumber :
  • Humas Kementerian Sosial RI

Jakarta, VIVA - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini alias Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri saat bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Jakarta, Jumat pagi tadi. Risma hendak mundur dari menteri Jokowi karena diusung sebagai cagub Gubernur Jawa Timur.  

AHY: Sidang Kabinet di IKN Bahas Transisi Kepemimpinan

"Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial," kata Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 30 Agustus 2024.

Ari menjelaskan, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Risma melaporkan dirinya maju sebagai cagub Jawa Timur. Jokowi pun menghormati keputusan Risma.

Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana IKN Besok

"Pada prinsipnya, Presiden menghormati hak politik dari setiap warga negara, termasuk yang saat ini menjabat sebagai menteri atau kepala lembaga untuk dicalonkan oleh partai politik, sebagai bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah pada pemilukada 2024," jelas Ari.

Risma-Gus Hans mendaftar sebagai Cagub-Cawagub Jatim di KPU.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)
Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Pun, Ari menekankan, bahwa tidak ada kewajiban bagi seorang menteri untuk mundur dari jabatannya. Meski sudah mendaftar sebagai calon kepala daerah. 

"Tapi, keputusan untuk mundur dari jabatan tersebut menjadi hak atau pilihan pribadi yang bersangkutan yang patut dihormati," ujar Ari.

Seperti diketahui, Risma berpasangan dengan Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans maju  sebagai cagub dan cawagub Jatim. Pasangan Risma-Gus Hans mendaftar ke KPU Jatim pada Kamis kemarin.

Ada tiga parpol dalam koalisi yang mengusung duet Risma-Gus Hans yaitu PDIP, Hanura, dan Partai Ummat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya