PDIP Sendirian Usung Paslon di Pilkada Kota Semarang, Lawan 9 Parpol KIM Plus

PDIP usung Agustina Wilujeng dan Iswar Aminuddin di Pilkada Kota Semarang
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Semarang, VIVA – Jelang penutupan pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, PDI Perjuangan datang ke kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang untuk mendaftarkan jagonya, Agustina Wilujeng dan Iswar Aminuddin.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Beda dengan Pilkada sebelumnya, yang mana PDIP berkoalisi dengan seluruh partai yang ada, sampai-sampai melawan kotak kosong, kali ini PDIP benar-benar single fighter menghadapi koalisi seluruh partai di luar PDIP yang mengusung Yoyok Sukawi-Joko Santosa.

Pasangan Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin datang ke KPU dikawal ribuan kader dan simpatisan PDIP. Mereka arak-arakan dari Kantor DPC PDIP Kota Semarang menuju Kantor DPD PDIP Jawa Tengah.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Di sini Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah, Sumanto mendeklarasikan Agustina Wilujeng dan Iswar Aminuddin untuk maju di Pilkada Kota Semarang

"Agustina Wilujeng dan Iswar Aminuddin sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang pada Pilwakot 2024," kata Sumanto.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Dari sini Agustina-Iswar beserta rombongan menuju ke Kantor KPU Kota Semarang.

Di Kantor KPU mereka diterima ketua dan anggota komisioner yang segera memproses pendaftaran. Dari hasil pemeriksaan, dokumen pendaftaran dinyatakan lengkap.

Selanjutnya bakal calon akan mengikuti pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari persyaratan untuk mengikuti tahapan Pilkada Kota Semarang.

Agustina Wilujeng adalah kader PDIP yang sebelumnya menjadi anggota DPR RI. Sedangkan Iswar Aminuddin adalah Sekretaris Daerah Pemkot Kota Semarang.

Dua Paslon

Sementara itu, KPU Kota Semarang menyatakan ada dua bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang mendaftar ikut Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

"Sampai hari ketiga ini sudah ada dua pendaftar bakal pasangan calon," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Ahmad Zaini, di Semarang, Kamis malam.

Dari 10 partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Semarang, kata Zaini, sudah seluruhnya memberikan dukungan kepada masing-masing dari dua pasangan bakal calon kepala daerah.

Pasangan Alamsyah Satyanegara Sukawijaya alias Yoyok Sukawi dan Joko Santoso diusung oleh koalisi sembilan parpol, yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai NasDem yang belakangan merapat menjadi pengusung pasangan Yoyok-Joko.

Yoyok merupakan anggota DPR RI dari Partai Demokrat yang juga Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, sedangkan Joko Santoso adalah Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang sekaligus anggota DPRD Kota Semarang.

Sementara satu pasangan lainnya, yakni Agustina Wilujeng Pramestuti-Iswar Aminuddin diusung PDI Perjuangan.

Agustin merupakan anggota DPR RI periode 2014–2019 dan 2019–2024 sekaligus Bendahara DPD PDI Jawa Tengah, sedangkan Iswar Aminuddin adalah Sekretaris Daerah Kota Semarang.

Dengan demikian, Zaini mengatakan hampir dipastikan Pilkada Kota Semarang tahun 2024 hanya diikuti dua pasangan calon.

"Dari 10 parpol yang mempunyai kursi di parlemen itu sudah mendukung semua kepada dua pasangan calon tersebut. Maka kecil kemungkinan, bahkan tidak ada pendaftaran pasangan calon baru lagi," katanya. 

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya