Maju Pilgub, Risma: Karena Saya Mensos Ngurusi Orang Miskin, Saya Lihat Persis Kondisi Jatim

Risma-Gus Hans mendaftar sebagai Cagub-Cawagub Jatim di KPU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Surabaya, VIVA – Bakal paslon dari PDIP, Tri Rismaharini atau Risma dan KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans, resmi mendaftar sebagai cagub-cawagub untuk Pilgub Jawa Timur 2024 ke KPUD, Kamis, 29 Agustus 2024. Risma menyinggung soal kemiskinan di wilayah tersebut saat penyampaian visi dan misi.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Diiringi kirab budaya oleh beberapa kelompok kesenian tradisional dan kader PDIP serta relawan, Risma-Gus Hans tiba di kantor KPU Jatim sekitar pukul 20.00 WIB. Kompak mengenakan kemeja putih, keduanya menumpangi becak saat menuju kantor KPU.

Terlihat hadir mendampingi, Ketua DPD PDIP Jatim M Said Abdullah dan sekretaris partai tersebut, Sri Untari Bisowarno. Terlihat pula Wakil Ketua DPD PDIP Budi 'Kanang' Sulistiyono dan Ketua DPD Hanura, Masteng.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Mereka kemudian masuk ke dalam ruang pendaftaran di lantai dua kantor KPU Jawa Timur. Setelah itu menuju lantai dasar dan menyampaikan sambutan. Lebih dari satu jam Risma-Gus Hans di sana. Keduanya lalu pulang setelah seluruh proses selesai.

Sebagai Menteri Sosial, Risma mengaku tahu betul kondisi Jawa Timur, terutama soal kemiskinan. Karena itu, jika ia bersama Gus Hans ditakdirkan memimpin Jatim, maka soal penurunan angka kemiskinan dan masalah sosial lainnya akan menjadi program prioritas.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

“Karena saya adalah Mensos (Menteri Sosial) yang ngurusi orang-orang teraniaya dan miskin, bagaimana saya melihat persis kondisi Jatim, dengan data-datanya," ujar Risma.

Sementara Gus Hans menyampaikan, bahwa dirinya dan Risma dipertemukan karena niat dan keinginan yang baik. Kiai muda asal Jombang itu mau digandeng karena mengetahui rekam jejak Risma.

"Saya merasa beliau akan mampu mampu memimbing saya dan menyertai kami untuk berfikir, berdakwah secara baik, dengan segala track record yang beliau telah miliki,” kata Gus Hans.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Aang Khunaifi mengatakan, usai diverifikasi, berkas pendaftaran Risma-Gus Hans pun dinyatakan lengkap dan diterima.

“Alhamdulillah, berdasarkan laporan tim verifikator yang sudah kami tetapkan dokumen pengusulan partai PDIP dan Hanura terkait dengan paslon calon gubernur dan wakil gubernur dinyatakan lengkap. Sehingga dapat kami terima,” kata Aang.

Setelah Risma-Gus Hans dan pendukungnya selesai mendaftar, giliran paslon Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim yang datang ke KPU Jatim dan mendaftar. Pasangan partai hijau ini diantar langsung oleh Ketua Umum PKB A Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya