Anies Baswedan Tidak Kecewa Dengan PDIP Karena Batal Maju di Pilgub Jawa Barat

Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan bahwa kunjungannya ke kantor DPD PDI-P Jakarta bertujuan untuk membahas berbagai hal terkait Pilkada Jakarta 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Juru Bicara Anies Baswedan, Sahrin Hamid mengatakan, tidak ada rasa kecewa pada diri Anies usai kembali batal diusung PDI Perjuangan dalam Pilgub Jawa Barat 2024. Kabar batal pengusungan Anies itu terjadi di menit-menit terakhir jelang pendaftaran pilkada ditutup malam tadi pukul 23.59 WIB.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Anies sebelumnya sempat digembar gemborkan diusung PDIP di Pilgub Jakarta. Tetapi ternyata yang diusung adalah Pramono Anung – Rano Karno. Hingga mencuat kembali kalau Anies diusung untuk Jawa Barat.

Sahrin mengatakan bahwa hubungan Anies dengan PDIP masih berlangsung baik. Ia menyebut Anies kerap bertukar pikiran tentang Bung Karno bersama partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

"(Kecewa) Oh tidak, kita dengan PDIP hubungannya sangat bagus. Mas Anies dengan PDIP begitu mendalam komunikasinya," ujar Sahrin Hamid kepada wartawan di Jakarta Selatan pada Kamis 29 Agustus 2024 malam.

Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/Donny Aditra
Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

"Intensitas bertemu juga sering, mendiskusikan banyak hal, mendiskusikan pikiran-pikiran Bung Karno, mendiskusikan tentang Pancasila, mendiskusikan tentang rakyat, tentang politik tata ruang, tentang lingkungan, banyak hal," sambungnya.

Sahrin menyebutkan bahwa Anies juga sempat diberikan 10 buku oleh pimpinan PDI Perjuangan usai melakukan pertemuan dengan DPD PDIP Jakarta akhir pekan kemarin.

"Bahkan Mas Anies setelah selesai bertemu dengan pimpinan PDI Perjuangan, dihadiahi sekitar 10 buku, 10 buku pikiran-pikiran Bung Karno," kata dia.

Sahrin menuturkan setelah momen pilkada serentak 2024 ini berlangsung, pihaknya akan tetap bisa berkomunikasi lebih jauh dengan PDIP.

"Dan harapan kita tentunya kerja sama ini tidak hanya di pilkada, lebih dari itu kita menginginkan bahwa nasionalisme, juga agama, agamis, ini berjalan seiring," ucap Sahrin.

"Soal pilkada ini adalah satu momentum. Masih banyak momentum yang lain, agenda politik selanjutnya ke depan yang tentunya perlu kerja sama karena bagaimanapun partai politik, Mas Anies ini adalah sosok yang memang ditunggu sikap, pikirannya, keteladanan politiknya oleh warga masyarakat," imbuhnya.

Diwartakan sebelumnya, Anies Baswedan ucapkan terima kasih kepada partai politik yang telah memintanya untuk maju di Pilgub Jawa Barat tahun 2024. Hal itu disampaikan Anies ketika dirinya sudah resmi tak jadi maju.

"Mas Anies menyampaikan terima kasih aspirasi kepada partai yang telah meminta mas Anies untuk maju di Jawa Barat," ujar Juru Bicara Anies Baswedan Sahrin Hamid kepada wartawan di Jakarta Selatan pada Kamis 29 Agustus 2024 malam.

Sahrin menjelaskan bahwa Anies tak jadi maju di Pilgub Jabar karena masih ada aspirasi dari sejumlah warga di Jakarta. Warga Jakarta masih ingin Anies maju di Pilgub Jakarta.

"Sudah diputuskan bahwa mas Anies tidak maju di pilkada Jawa Barat. Dan kita tahu bahwa kalau di jakarta memang banyak aspirasi warga masyarakat yg meminta mas Anies untuk maju di pilkada Jakarta," kata Sahrin.

"Namun memang Jawa Barat itu tidak ada secara khusus permintaan dari warga masyarakat maupun aspirasi dari partai politik di tingkat daerah maupun di tingkat wilayah," sambungnya.

Bahkan, Anies juga menyampaikan terima kasih karena sudah mau mendukungnya untuk maju di Jawa Barat.

"Sehingga memang melihat bahwa untuk itu Mas Anies sampaikan terima kasih ke partai yang telah meminta maju di Jawa Barat, dengan berbagai macam pertimbangan memang Mas Anies tidak maju di Jawa Barat," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya