Iksan Ziarah ke Raja Bungku Sebelum Daftar ke KPUD Maju Pilbup Morowali

Bakal calon bupati Morowali Iksan Baharuddin berziarah ke makam Raja Bungku
Sumber :
  • Istimewa

Morowali, VIVA – Bakal calon bupati Morowali, Iksan Baharuddin Abdul Rauf berziarah ke makam Raja Bungku ke-13, Abdul Rabbie jelang pendaftaran Pilkada 2024. Ziarah itu sudah menjadi tradisi sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur pendahulu.

Petahana Maju Lagi di Pilkada Kukar Potensi Tiga Periode, KPU Diingatkan Patuhi Putusan MK

Selain ziarah, Iksan bersilaturahmi dengan keluarga Raja Bungku. Di sana Iksan menyampaikan gagasan untuk mempertahankan adat budaya lokal Bungku yang hampir dilupakan masyarakat masa kini.

Saat berziarah, Iksan diundang oleh keluarga Raja Bungku untuk berkunjung ke rumah mereka. Dalam kesempatan itu, Iksan memperhatikan kondisi rumah yang sudah mulai menurun dan ingin merehabilitasinya.

Bawaslu Akui Tak Bisa Tindak Bakal Calon Kepala Daerah Bagi Sembako sebelum Kampanye

"Waktu saya mengunjungi makam Raja Bungku Abdul Rabbie saya disambut oleh keluarga. Saya melihat kondisi rumah raja itu dan berinisiatif untuk merehabilitasinya," kata Iksan, Kamis 29 Agustus 2024.

Bawaslu Siapkan Rancangan Peraturan Pilkada Ulang Bila Kotak Kosong Menang

Dia ingin rumah tersebut dibuat lebih layak dan nyaman. Hal itu merupakan bentuk kepedulian dan dukungan terhadap pelestarian budaya lokal.

Program rehabilitasi yang direncanakan Iksan mencakup perbaikan struktur bangunan dan renovasi interior. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal sembari mempertahankan nilai sejarahnya.

Pelestarian budaya dan sejarah daerah menjadi salah satu hal yang disorot Iksan. Baginya, sebagai warga sudah sepatutnya untuk peduli dan menjaga warisan lokal di Bumi Tepe Asa Moroso. 

"Rencana saya ingin direhabilitasi dalam waktu dekat. Setidaknya kita sudah mempersiapkan untuk itu," pungkasnya. 

Iksan memang dikenal sebagai sosok yang peduli pada pembangunan sosial dan budaya yang berkelanjutan. Hal tersebut sejalan dengan visinya membawa perubahan demi membangun Morowali yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya