PKB Usung Acep Adang-Gita KDI di Pilgub Jabar 2024

PKB Usung Kiai Acep - Gita KDI di Pilgub Jabar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman (Bandung)

Bandung, VIVA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung kadernya, yaitu Acep Adang Ruhiyat di Pilgub Jawa Barat 2024. Acep Dadang saat ini merupakan Anggota DPR RI periode 2019-2024.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Acep diusung PKB yang diduetkan dengan Gitalis Dwi Natarina alias Gita KDI.

"PKB usung KH Acep Adang Ruhiyat-Gita KDI sebagai paslon cagub-cawagub Jabar," kata Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid alias Gus Jazil saat dikonfirmasi, Kamis, 29 Agustus 2024.

Putusan MK Ikut Turunkan Jumlah Calon Tunggal pada Pilkada 2024, Menurut BRIN

Gus Jazil mengaku wilayah Jawa Barat harus memiliki pemimpin yang religius, jujur sera pro kepada rakyat.

"Jawa barat perlu pemimpin yang religius, jujur dan merakyat," tutur dia.

Jika jadi Gubernur Jakarta, RK Janji Perpanjang Rute Transjakarta ke Bekasi hingga Bogor

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Sebelumnya, Gus Jazil bicara peluang partainya mengusung cagub dan cawagub di Pilgub Jabar 2024. Menurut dia, saat ini sejumlah tokoh yang dilirik PKB masih digodok untuk Pilgub Jabar. Nama Sandiaga Uno hingga Acep Adang Ruhiat masuk bursa PKB. 

Gus Jazil mengakui pihakya mendorong Kiai Acep Adang Ruhiat, Pengasuh Ponpes Cipasung sekaligus Ketua Dewan Syuro PKB Jawa Barat.

"Ada beberapa alternatif pembicaraan. Kami akan berkoalisi dengan PDIP atau PKB bisa mengusung sendiri. Artinya, nanti calon gubernurnya kami cari tokoh di luar PKB, atau tokoh profesional yang bisa bersaing dengan yang ada sekarang yang sudah daftar," kata Gus Jazil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 28 Agustus 2024. 

Meski demikian, ia menutukan pihaknya masih menimbang semuanya. Kendati, PKB memenuhi ambang batas suara untuk mengusung sendiri di Pilkada Jawa Barat.

"PKB cukup kok mengusung sendiri, tanpa harus koalisi. Tentu kami mendahulukan kalau ada partai koalisi," ujarnya.

Tiba di KPU Jawa Barat

PKB Usung Kiai Acep - Gita KDI di Pilgub Jabar

Photo :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman (Bandung)

Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kiai Acep Adang Ruhiyat - Gitalis Dwi Natarina atau yang dikenal sebagai Gita KDI datang ke KPU Jabar, di Bandung, Kamis (29/8/2024), pukul 21:30 WIB.

Ketua PKB Jawa Barat, Syaiful Huda menjelaskan, keputusan final ini ditargetkan berbuah kemenangan bagi pasangan ini. 

“Semua persyaratan sudah kami siapkan, kami serahkan. Apa yang kurang kami tuntaskan. Kita diskusi panjang di PKB, kami mengusung tagline kabar bahagia lahir batin. Jadi visi misi ini kami serahkan pada waktunya,” ujar Staiful Huda di KPU Jabar, Kamis 29 Agustus 2024.

Sementara itu, Bacagub Acep menjelaskan, program - program keberlanjutan akan dilakukan dengan memperhatikan kemajuan Pesantren, beasiswa pendidikan dan program Daerah Otonomi Baru (DOB) hingga pengembangan sektor industri.

“Mempertahankan program yang sudah baik, yang belum ada kita adakan, yang belum sempurna kita sempurnakan,” katanya.

Tidak hanya itu, Gita KDI pun angkat bicara, di mana, Gita bakal memprioritaskan program yang berpihak pada perempuan dan anak. Terutama, lanjut Gita, penanganan kasus KDRT dan kekerasan terhadap anak, harus diatasi maksimal.

“Saya terpanggil khususnya harus memberikan konsentrasi khusus kepada perempuan dan anak - anak. Insya Allsh, kami sangat berharap hayu bergandengan tangan sama - sama membangung Jawa Barat,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya