PDIP Beri Kejutan Usung Anies Baswedan-Ono Surono di Pilkada Jawa Barat

Eks Gubernur Jakarta, Anies Baswedan (kiri) di Kantor DPD PDIP Jakarta, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu, 24 Agustus 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - PDIP mengatakan partainya 95 persen akan mengusung Anies Baswedan dan Ono Surono di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024. Bendahara DPC PDIP Kota Bandung Folmer Silalahi mengatakan pihaknya menindaklanjuti unggahan Ono di media sosial Instagram-nya.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

"95 persen (mengusung pasangan Anies-Ono). Hampir dipastikan bahwa malam hari ini DPD PDIP Jabar akan mendaftarkan secara resmi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yaitu Anies Baswedan dan Kang Ono Surono," ujar Folmer saat dihubungi wartawan, Kamis, 29 Agustus 2024.

Kendati demikian, Folmer meminta masyarakat bersabar untuk menunggu kepastian keberangkatan Anies-Ono mendaftar Pilgub ke KPUD Jawa Barat.

Guntur Soekarnoputra Nilai 'Si Doel' Dapat Dongkrak Popularitas Pramono di Pilgub Jakarta

Ketua DPP PDIP Jawa Barat sekaligus anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono.

Photo :
  • Istimewa

"Tentunya semuanya yang beredar hari ini masih menunggu kepastian tentang keberangkatan dari pasangan ini untuk menuju ke KPUD Jabar," ujar dia.

Putusan MK Ikut Turunkan Jumlah Calon Tunggal pada Pilkada 2024, Menurut BRIN

Sebelumnya beredar Anies Baswedan akan diusung PDIP dalam berkontestasi di Pilgub Jakarta 2024. Namun, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menugaskan Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung untuk maju berpasangan dengan Rano Karno di Pilgub Jakarta.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan, partainya bakal mengusung calon kepala daerah di Pilkada Jawa Barat 2024. Ia mengaku akan memberi kejutan, salah satunya ialah calon yang akan diusung bukan kader PDIP.

"Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang akan diusung adalah figur yang akan memberikan kejutan untuk rakyat Jawa Barat," kata Ono dalam keterangannya, Kamis, 29 Agustus 2024.

Warga menentukan pilihannya dalam Pilkada. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Menurut Ono, wilayah Jawa Barat merupakan wilayah dengan hak pilih terbesar. Ia menambahkan figur pasangan calon yang akan diusung merupakan campuran dari kader partai lain dan non kader.

"Jabar adalah wilayah yang besar dengan hak pilih yang terbesar di Indonesia. Figur tersebut adalah figur yang akan diterima oleh rakyat Jawa Barat walau yang bersangkutan bisa saja bukan merupakan Kader PDI Perjuangan (PDIP) dan perpaduannya bisa saja dari partai lain," kata dia.

Ono menegaskan, PDIP akan mendaftarkan jagoan mereka untuk Pilkada Jawa Barat 2024 di detik-detik terakhir. "Mudah-mudahan PDI Perjuangan bisa mendaftarkan hari Kamis di detik-detik terakhir pendaftaran. Mohon Doa dari rakyat Jawa Barat," kata Ono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya