Jokowi dan Paus Fransiskus Bakal Bahas Penyelesaian Perang Gaza dan Ukraina

Presiden Jokowi membuka Rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada 2024
Sumber :
  • Youtube Setpres

Tasikmalaya, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membahas sejumlah hal saat menerima kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus di awal September 2024. Salah satu isu yang akan dibahas Presiden Jokowi dan Paus Fransiskus, yakni mengenai perdamaian dunia. 

Jokowi Calls on Ministers to Support Prabowo-Gibran's Future Agenda

"Ya yang berkaitan utamanya dengan perdamaian. Saya kira itu yang sangat penting yang akan kita bicarakan dengan beliau," kata Jokowi usai meresmikan Bendungan Leuwikeris, Kabupaten Tasikmalaya pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Pramono Sebut Jokowi Siapkan Blueprint Transisi Pemerintahan Prabowo-Gibran

Tentu, Jokowi dan Paus Fransiskus bakal membicarakan upaya penyelesaian konflik di sejumlah wilayah, termasuk perang di Gaza dan Ukraina

"Agar perdamaian di seluruh konflik perang, baik yang ada di Gaza, baik yang ada di Ukraina, dan konflik-konflik sedang kecil lainnya yang juga ada di beberapa negara bisa kita selesaikan," kata Jokowi.

Budi Arie: Transisi Pemerintahan di Era Jokowi Terbaik Sepanjang Sejarah RI

Diketahui, Paus Fransiskus akan melakukan perjalanan apostolik dan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 3 September hingga 6 September 2024. Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada 3 September 2024. 

Selanjutnya, Paus Fransiskus akan diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 4 September 2024. Pemimpin tertinggi gereja Katolik itu direncanakan akan menghadiri Misa Akbar di Gelora Bung Karno (GBK), dan Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5 September 2024. 

Jokowi menjelaskan, sebisa mungkin akan mendampingi Paus selama kunjungannya ke Jakarta. "Ya, sedapat mungkin saya akan bersama beliau," ujarnya. 

Kepala Negara memastikan persiapan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia telah dilakukan. Presiden Jokowi berharap kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat berjalan lancar. 

"Semua proses sudah direncanakan. Insya Allah nanti semuanya berjalan dengan baik. Karena beliau akan berkunjung ke beberapa tempat, dan juga akan mengadakan Misa di Gelora Bung Karno yang akan dihadiri oleh umat Katolik Indonesia," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya