Borong Dukungan 9 Parpol, Petahana Lawan Kotak Kosong di Pilbup Batang Hari

Foto : Calon Bupati, Fadhil (Baju Putih Lambaikan Tangan) dan Wakil Bupati (baju Putih kopiah hitam) Kabupaten Batanghari,Jambi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syarifuddin Nasution (Jambi)

Jambi, VIVA – Bupati Batang Hari Mhd. Fadhil Arief dan Wakil Bupati Batang Hari H.Bakhtiar yang terkenal dengan pasangan berjuluk FB dengan jargon Batang Hari Tangguh, membuat sejarah baru dalam perjalanan panjang perpolitikan di Kabupaten Batang Hari.

Petahana Maju Lagi di Pilkada Kukar Potensi Tiga Periode, KPU Diingatkan Patuhi Putusan MK

Biasanya, setiap perhelatan pilkada sejak pilkada langsung tahun 2005 Kabupaten Batang Hari selalu diikuti oleh lebih dari tiga pasangan calon, kondisi berbeda terjadi di pilkada langsung serentak tahun 2024 ini, Pilkada Batang Hari hanya di ikuti pasangan Fadhil- Bakhtiar yang merupakan pasangan incumbent.

Saat pembukaan calon oleh partai politik pasangan Fadhil- Bakhtiar hanya mendaftarkan diri di empat parpol saja yakni PPP, Nasdem, PKB dan Gerindra, seiring berjalannya waktu ternyata di parpol lain tidak juga memunculkan pasangan calon hingga akhirnya semua parpol parlemen mengeluarkan surat dukungan B1.KWK ke pasangan Fadhil- Bakhtiar dan ini suatu fenomena unik untuk pilkada di Kabupaten Batang Hari.

Bawaslu Akui Tak Bisa Tindak Bakal Calon Kepala Daerah Bagi Sembako sebelum Kampanye

Hal ini bukan tanpa sebab, tingkat kepuasan masyarakat atas perubahan yang dilakukan Fadhil menjadi nilai tersendiri partai lain untuk tidak mengusung calon untuk melawan petahana, 9 dukungan partai politik dari 35 kursi ( PPP 9 kursi, Nasdem 5 kursi, PKB 4 kursi, Golkar 3 kursi, Gerindra 2 kursi, Demokrat 2 kursi, PAN 4 kursi, PDIP 4 kursi dan PKS 2 kursi) DPRD Kabupaten Batang Hari menyatakan mengusung pasangan ini untuk pilkada serentak 2024 dan dipastikan melawan kotak kosong.

Fadhil Arief-Bakhtiar mendaftar ke KPU Batang Hari pada Rabu siang, 28 Agustus 2024, diawali  deklarasi serentak di kediaman Fadhil Arief, kemudian semua parpol tersebut bergerak serentak mengantarkan pasangan ini mendaftar ke KPU Batang Hari.

Bawaslu Siapkan Rancangan Peraturan Pilkada Ulang Bila Kotak Kosong Menang

Mhd. Fadhil Arief mengatakan sangat bersyukur semua parlemen mengusung dirinya sebagai calon Bupati Kabupaten Batanghari dan apa yang dijalani bukan berarti untuk menghalang-halangi orang lain untuk buat maju.

"Alhamdulillah semua parlemen akan mengusung kita, tetapi perlu diketahui bahwa apa yang kita jalani sekarang ini bukan artinya ingin menghalang-halangi orang lain buat maju ya, itu pertama," kata Fadhil, Rabu, 28 Agustus 2024.

Fadhil menegaskan, saat dirinya menyatakan maju kembali di Pilbup Batanghari dan sudah memberikan keleluasaan terhadap parpol di Kabupaten Batang Hari untuk mencari kandidat lain selain dirinya.

"Kita sudah berikan keleluasaan kepada parpol untuk mencari kandidat lain namun sampai saat ini belum ada juga muncul dan partai merapat juga ke saya," tuturnya.

Upaya itu dilakukan Fadhil agar terciptanya proses demokrasi dalam Pilkada Jambi 2024 ini dan sebagai petahana dia juga tak ingin dinilai ambisi dalam menciptakan pilkada kotak kosong. "Tetapi memang pada akhirnya pantauan tidak ada satupun pasangan calon yang menegaskan maju selain saya,"katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya