PDIP Pilih Gus Hans Kader Golkar untuk Dampingi Risma di Pilgub Jawa Timur

Poster Risma-Gus Hans.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Surabaya, VIVA – Teka-teki siapa bakal calon wakil gubernur pendamping Tri Rismaharini atau Rism,a pada Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jawa Timur 2024 terjawab. PDIP menyepakati untuk menduetkan KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans bersama Risma.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

“Benar [Risma-Gus Hans jagoan PDIP di Pilgub Jatim],” kata Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno kepada VIVA pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Rencananya, Risma-Gus Hans akan mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur pada Kamis, 29 Agustus 2024, malam. Selain pengurus dan kader PDIP, pasangan ini juga akan diiringi kirab budaya.

Bahlil soal Jatah Menteri untuk Golkar: Tunggu Tanggal Mainnya

Untuk diketahui, Gus Hans adalah kiai muda dari Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di politik, ia aktif di Golkar dan kini menjabat sebagai wakil ketua. Pada Pilkada Jawa Timur 2018, Gus Hans menjadi juru bicara tim pemenangan Khofifah-Emil.

Seperti diketahui, kontestasi Pilgub Jatim 2024 diikuti 3 pasangan calon (paslon). Yakni pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Khofifah-Emil) yang diusung oleh 14 partai politik parlemen dan nonparlemen.

Guntur Soekarnoputra Nilai 'Si Doel' Dapat Dongkrak Popularitas Pramono di Pilgub Jakarta

Khofifah-Emil sudah mendaftar ke KPU Jatim pada Rabu, 28 Agustus 2024, dan berkasnya dinyatakan lengkap. Pada Kamis ini, Khofifah dan Emil dijadwalkan akan menjalani tes kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya.

Paslon kedua ialah Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sama dengan jagoan PDIP, Luluk-Lukman juga akan mendaftar ke KPU Jatim pada Kamis mala mini.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Dedy Mulyadi dinilai unggul karena adanya popularitas.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024