PKB Usung Luluk untuk Lawan Khofifah di Pilkada Jatim Tunjukkan Percaya Diri, Menurut Pengamat

Anggota DPR RI Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah
Sumber :
  • TV Parlemen

Surabaya, VIVA - Pengamat politik pada Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam, menilai bahwa keputusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengusung Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur merupakan keputusan yang cukup mengejutkan.
 
"Awalnya, bayangan saya, ya, kader kelas menteri yang akan diajukan, ternyata tidak. Ini sungguh mengejutkan," kata Surokim, kepada jurnalis di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 28 Agustus 2024.
 
Ia mengatakan, pasangan calon yang diusung oleh partai pimpinan Muhaimin Iskandar atau yang kerap disapa Cak Imin tersebut bukan menunjukkan kader kelas utama.

KPU Nyatakan Tiga Paslon di Pilgub Jakarta Sudah Penuhi Syarat, Suswono Ungkap Hal Ini

Bakal cagub dan cawagub Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Photo :
  • Dok. Tim Khofifah

Menurut dia, PKB hanya ingin memecah suara petahana atau Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak. "Ya menurut saya, kedua orang pasangan itu belum kader kelas utama di Pilkada liga 1, bisa jadi PKB hanya ingin memecah suara petahana," katanya.

PPP Minta Kader Menangkan Calon Kepala Daerah di Jatim, Termasuk Khofifah-Emil Dardak

 
Surokim menjelaskan, Pilkada Jawa Timur, bisa dianalogikan sebagai Pilkada Liga 1 Indonesia atau memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, sehingga butuh upaya yang besar agar pasangan calon lebih kompetitif.
 
"Jadi butuh effort yang lebih ekstra agar pasangan calon ini bisa kompetitif karena calon-calon lawannya banyak punya surplus," ucapnya.
 
Sebagai partai pemenang pemilu di Jatim, lanjutnya, sudah sepantasnya PKB percaya diri untuk mengajukan pasangan calon yang merupakan kader sendiri. Ia menilai, keputusan untuk mengusung pasangan itu merupakan bagian dari ikhtiar politik.

Bertemu dengan Ormas dan Tokoh Betawi di Jaksel, Suswono Janji Bangun Tempat Ibadah

Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini

Photo :
  • Kementerian Sosial RI

 
"Menunjukkan kepada publik bahwa partai punya stok kader yang bisa dimajukan dalam Pilkada," ucapnya.
 
PKB dikabarkan berencana berkoalisi dengan PDI Perjuangan untuk melawan Khofifah-Emil di Pemilihan Gubernur Jatim 2024, namun PDI Perjuangan diperkirakan mengusung calon dari kader partai.

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Hassanudin Wahid mengungkapkan bahwa partainya mengusung Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim di Pilkada Jawa Timur.
 
Selain itu, ia menegaskan bahwa Luluk diusung sebagai bakal calon gubernur, sedangkan Lukman menjadi bakal calon wakil gubernur.Baik Luluk Hamidah maupun Lukmanul Khakim merupakan kader asli PKB. (ant)

Ridwan Kamil-Suswono Daftar Cagub Wagub di KPU DKI Jakarta

Suswono ke PKS Jakarta Minta Hidupkan Mesin Partai Menangkan Pilgub Jakarta

Bakal calon wakil gubernur atau cawagub di Pilgub Jakarta, Suswono datang ke DPW PKS Jakarta pada Jumat 13 September 2024. Ia ingin mesin partai dihidupkan jelang pilkada

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024