PKB Berpeluang Usung Calon Gubernur Sendiri di Pilgub Jawa Barat

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid menyiratkan peluang partainya mengusung calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur sendiri di Pilgub Jawa Barat 2024. Namun, kata dia, saat ini sejumlah tokoh yang dilirik masih digodok partainya untuk Pilkada Jawa Barat. Nama Sandiaga Uno hingga Acep Adang Ruhiat disebut-sebut menjadi kandidat. 

Ridwan Kamil Bakal Temui Anies, Suswono: Tunggu Respons dari Beliau

"Jawa Barat memang kita mendorong Kiai Acep Adang Ruhiat, Pengasuh Ponpes Cipasung, Ketua Dewan Syuro PKB Jawa Barat. Ada beberapa alternatif pembicaraan. Kami akan berkoalisi dengan PDIP atau PKB bisa mengusung sendiri. Artinya, nanti calon gubernurnya kami cari tokoh di luar PKB, atau tokoh profesional yang bisa bersaing dengan yang ada sekarang yang sudah daftar," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 28 Agustus 2024. 

Waketum PKB, Jazilul Fawaid

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
KPUD Jakarta: Kalau Ada Ajakan Menjadikan Suara Tidak Sah Masuk Kategori Pidana Pemilu

Menurut Jazil, peluang Sandiaga maju di Jawa Barat sangat kuat. Sebab, Ridwan Kamil (RK) telah berkontestasi di Pilgub Jakarta 2024.

"Kalau (koalisi) dengan PDIP, kami menunggu tokoh yang disampaikan oleh PDIP. Kalau sementara, ketua wilayahnya kan Pak Ono Surono. Ada juga gagasan lama dan ini juga masih dibicarakan bersama Pak Sandiaga Uno. Pak Sandiaga Uno bersama Pak Acep Adang Ruhiat mewakili utara dan selatan," kata Jazilul.

Ridwan Kamil: Ahmad Riza Patria Fix Sebagai Ketua Timses Pasangan RIDO

Meski begitu, ia menegaskan partainya masih menimbang semuanya. Kendati, PKB memenuhi ambang batas suara untuk mengusung sendiri di Pilkada Jawa Barat.

"PKB cukup kok mengusung sendiri, tanpa harus koalisi. Tentu kami mendahulukan kalau ada partai koalisi. Tapi sekali lagi, soal pilkada itu soal figur sangat menentukan dibanding dengan kuota kursi atau koalisi,” imbuhnya.

Bakal cawagub Jakarta, Suswono (tengah) di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu, 8 September 2024 (sumber: Tim Media Suswono)

Suswono Setuju Ariza Gerindra Pimpin Tim Pemenangan di Pilgub Jakarta

Suswono meyakini semua parpol pengusung dan pendukungnya setuju jika Ariza menjadi Ketua Tim Pemenangan.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024