Tarik Dukungan dari Riza-Marshel, PAN Kini Usung Benyamin-Pilar di Pilwalkot Tangsel

Sekjen PAN Eddy Soeparno.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

Jakarta, VIVA – Partai Amanat Nasional (PAN) telah menarik dukungan dari pasangan Riza Patria-Marshel Widiyanto sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kini, PAN mengalihkan dukungan kepada pasangan Benyamin Davni-Pilar Saga Ichsan. 

Didukung Komunitas Otomotif, Airin Ajak Sinergi Promosikan Wisata Banten

Diketahui, politisi Gerindra, Riza Patria mengundurkan diri sebagai calon wali kota Tangsel. Pengunduran diri Riza Patria kemudian diikuti oleh komika Marshel Widianto yang semula akan mendampingi Riza maju di Pilwalkot Tangsel.

"Iya jadi kita sudah menandatangani SK kepada bakal pasangan Benyamin-Pilar, itu adalah pasangan yang telah kami usung di wilayah Tangsel. Dengan menarik dirinya pak Riza, jadi otomatis kita harus usung paslon lain dan bang Ben-lah yang kita usung," kata Sekjen PAN, Eddy Soeparno di Kantor KPU Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2024. 

Suswono Setuju Ariza Gerindra Pimpin Tim Pemenangan di Pilgub Jakarta

Ketua Gerindra DKI Ahmad Riza Patria

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki

Eddy mengatakan, keputusan tersebut sudah dibicarakan bersama parpol koalisi di KIM. Diketahui, Riza-Marshel sebelumnya diusung oleh Gerindra, PAN, Golkar, Demokrat, Nasdem, PKS dan PSI. 

Ridwan Kamil Bakal Temui Anies, Suswono: Tunggu Respons dari Beliau

Namun atas putusan Mahkamah Konstitusi terbaru, PKS lantas memilih kadernya sendiri untuk diusung di Pilwakot Tangsel. 

"Ya KIM memang mengusung dan sudah ada pembahasan sebelumnya, tetapi kan ini segala sesuatu bergulir dengan cepat ya. Sehingga pemberitahuan itu disampaikan kepada kami dan langsung kami mengambil tindakan karena memang posisinya sudah di masa pendaftaran ya jadi kita juga tidak mau tertinggal pada saat paslon sudah teragenda mendaftar ya, pasti kita sampaikan pada paslon baru bahwa kita ikut dan itu diterima dengan baik alhamdulillah," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan, Ahmad Riza Patria mengundurkan diri dari pencalonannya dalam kontestasi Pilkada Tangsel 2024. Partai Demokrat selaku salah satu partai politik yang sempat memutuskan mengusung mantan Wakil Gubernur Jakarta itu di Pilwalkot Tangsel, membenarkan hal tersebut.

Demokrat mengalihkan dukungan, karena Riza Patria memilih untuk mundur. Riza sebelumnya berpasangan dengan Marshel Widianto, dan didukung beberapa partai politik seperti Gerindra, PSI.

"Informasi mundurnya Pak Ariza Patria pada kontestasi Pilkada Tangsel ini benar," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani dalam keterangannya, Rabu, 28 Agustus 2024.

Kamhar mengatakan, mundurnya kandidat pasangan calon pada kontestasi pilkada itu wajar terjadi. Terlebih, pada waktu-waktu terakhir pendaftaran. Dimana Rabu 28 Agustus 2024 ini adalah hari kedua jadwal pendaftaran pilkada seperti diatur dalam PKPU.

"Ini dinamika yang lazim terjadi pada pilkada, sering perubahan dan pergeseran itu terjadi di menit-menit terakhir," ujarnya.

Maka dari itu, kata dia, Partai Demokrat pun beralih dukungan ke pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga untuk Pilwalkot Tangsel 2024. "Oleh karena itu terjadi peralihan dukungan di Pilkada Tangsel dari Riza - Marsel menjadi Benyamin - Pilar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya