PKB Tak Jadi Usung Kiai Marzuki di Jatim, Lukmanul Khakim: Saya Dengar Beliau Belum Berkenan

Mantan Ketua Tafiziyah PCNU Jawa Timur KH. Marzuki Mustamar (kiri).
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sempat dispekulasikan akan mendukung mantan ketua Tafiziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim KH. Marzuki Mustamar di Pilgub Jatim. Namun, PKB putar dukungan di menit akhir saat pendaftaran Pilkada serentak 2024.

Petahana Maju Lagi di Pilkada Kukar Potensi Tiga Periode, KPU Diingatkan Patuhi Putusan MK

PKB kini justru mengusung pasangan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim di Pilgub Jatim 2024. Keduanya memang merupakan kader PKB.

Lukmanul Khakim pun buka suara PKB tak jadi mengusung Kiai Marzuki di Pilgub Jatim tahun 2024. Ia menyebut Kiai Marzuki masih belum siap untuk maju di Pilgub Jatim.

Cak Imin Angkat Gen Z jadi Ketua Harian DPP PKB Dibantu 6 Wakil Ketua, Ini Profil Mereka

"Nah, kalo soal itu saya dengar kabar beliau belum berkenan," kata Lukman, sapaan akrabnya, di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan pada Rabu 28 Agustus 2024.

Peneliti senior BRIN Prof Lili Romli (kanan) dan Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim.

Photo :
  • Istimewa
Cak Imin: PKB Punya Kewajiban Sukseskan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Dia menyebut untuk wilayah Jatim ini bakal menjadi saingan sosok perempuan yang tangguh. Sebab, saat ini sudah ada Khofifah Indar Parawansa yang maju. 

Kemudian, dari PKB ada Luluk Nur Hamidah. Berikutnya, PDIP kabarnya bakal mengusung Tri Rismaharini.

"Jadi, di Jatim ini calon yang udah ada bu Khofifah, Bu Risma. Jadi, rasa-rasanya kalau calonnya perempuan kami di PKB siapkan calon perempuan tangguh," ujar Lukman. 

"Mbak Luluk ini termasuk anggota DPR yang vokal. Dan juga miliki pemikiran kritis dan solutif," lanjut Lukman.

Lukman mengaku bakal menerima masukan dari semua warga Jawa Timur. Terlebih, terkait pembangunan di Jatim.

PKB Usung Luluk-Lukmanul Khakim di Jatim

PKB resmi mengusung pasangan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim untuk Pilgub Jatim 2024. Luluk dan Lukman merupakan sama-sama kader PKB.

Luluk mengatakan bahwa diberikan tugas oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada dinihari tadi.

"Ya bismillah ketua umum memberikan penugasan pada jam 02.30 dini hari tadi untuk maju sebagai Cagub Jatim," ujar Luluk kepada wartawan, Rabu 28 Agustus 2024.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid alias Gus Jazil membenarkan PKB mengusung pasangan Luluk dan Lukman di Pilgub Jatim.

"Iya, mba Luluk Hamidah kita usung menjadi calon gubernur Jawa Timur berpasangan dengan Lukmanul Hakim," kata Gus Jazil.

Ia bilang surat rekomendasi dari PKB sudah diberikan untuk Luluk dan Lukmanul itu diberikan hari ini. "Rekomendasinya akan keluar hari ini, sedang diurus semua persyaratannya," ujar Gus Jazil.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya