Anies Buka Suara Usai Batal Diusung PDIP Jadi Cagub Jakarta

Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak meninggalkan rumah pribadi pada Rabu 28 Agustus 2024 sejak pagi tadi. Lantas, Anies mau ngapain meninggalkan kediamannya sejak pagi-pagi?

Petahana Maju Lagi di Pilkada Kukar Potensi Tiga Periode, KPU Diingatkan Patuhi Putusan MK

Anies Baswedan terlihat tampak mengenakan kemeja warna biru dongker. Ia meninggalkan kediamannya dengan menaiki mobil pribadinya. Ia mengaku bahwa dirinya hendak bertemu dengan sejumlah orang.

"Ada pertemuan, dengan beberapa orang," ujar Anies saat meninggalkan kediamannya.

Bawaslu Akui Tak Bisa Tindak Bakal Calon Kepala Daerah Bagi Sembako sebelum Kampanye

Meski begitu, Anies tak menjelaskan secara detail mau bertemu dengan siapa saja. Namun, ia meminta untuk didoakan agar berjalan lancar. "Doakan semuanya agar berjalan lancar, Jakartanya maju, tenang, teduh dan makin sejahtera," kata dia.

Anies pun tak mengetahui bahwa dirinya tidak jadi diusung oleh PDI Perjuangan di Pilgub Jakarta.

Bawaslu Siapkan Rancangan Peraturan Pilkada Ulang Bila Kotak Kosong Menang

Pramono Anung-Rano Karno mendaftar sebagai Cagub Cawagub Jakarta ke KPU

Photo :
  • PDIP

Diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi menetapkan Pramono Anung-Rano Karno sebagai Cagub-Cawagub DKI Jakarta yang diusung PDI Perjuangan di Pilkada serentak 2024. 

Paslon yang diusung PDIP itu tiba di kantor KPU Jakarta di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, pukul 11.00 WIB. Pram-Rano Karno datang menumpang oplet berwarna biru lalu jalan kaki diiringi pendukung yang membawa bendera dan ondel-ondel serta beraneka ragam parade kostum dan tarian.

Pramono mengenakan kemeja hitam berlengan panjang dan syal putih garis hitam, sedangkan Rano mengenakan kemeja putih dengan syal merah garis hitam. Keduanya kompak berkopiah hitam.

Nama Pramono Anung-Rano Karno sebagai bakal cagub-cawagub Jakarta oleh PDIP ditetapkan di menit-menit akhir pendaftaran bakal calon. Sebelum nama Pramono mencuat, Anies Baswedan menjadi calon kuat yang bakal diusung PDIP berpasangan dengan Rano Karno. 

PDIP DKI Jakarta bahkan telah menyodorkan nama Anies Baswedan kepada Megawati untuk diusulkan sebagai bakal Cagub Jakarta dari PDIP. Anies juga sempat hadir di kantor DPP PDIP di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 26 Agustus 2024, jelang pengumuman bakal calon kepala daerah PDIP.  

Namun demikian, Megawati tidak jadi memilih Anies Baswedan, dan menetapkan dua kader tulennya, Pramono Anung-Rano Karno yang berlaga di Pilkada Jakarta 2024.  

Pun Ahok, yang dalam beberapa survei termasuk dalam tiga besar nama potensial sebagai bakal Cagub Jakarta -- setelah Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. Ahok meskipun kader PDIP nyatanya juga tidak dipilih Megawati untuk kembali bertarung di Pilkada Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya