Dikabarkan Maju Pilgub Jawa Barat, Syaikhu-Ilham Habibie Kompak Ziarah ke Makam BJ Habibie

Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie di TMPN Kalibata, Jaksel
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, dikabarkan akan mengusung Ahmad Syaikhu-Ilham Habibe di Pilgub Jawa Barat. Keduanya kompak berziarah bareng ke Makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie, di Taman Makam Pahlawan Nasional atau TMP Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan pada Rabu 28 Agustus 2024.

Tidak Diusulkan Jadi Pj Gubernur, Heru Budi: Terima Kasih DPRD Jakarta

Syaikhu dan Ilham Habibie kompak mengenakan pakaian koko warna putih. Keduanya pun tampak memakai peci berkelir hitam. Syaikhu adalah Presiden PKS. Sedangkan Ilham selain putra mendiang BJ Habibie, memang direkomendasikan oleh Nasdem di Pilkada Jawa Barat.

Syaikhu dan Ilham Habibie tiba di TMP Kalibata sekira pukul 10.15 WIB. Keduanya lantas masuk ke dalam area TMP guna melakukan ziarah ke makam ayah Ilham Habibie tersebut.

Dedi Mulyadi dan Rudy Susmanto Upayakan Pemekaran Bogor Barat dan Timur Terwujud di 2026

Terlihat juga sejumlah pejabat dari PKS mendampingi Syaikhu dan Ilham Habibie untuk berziarah. Saat sampai di depan makam Presiden BJ Habibie, keduanya lantas duduk menggunakan kursi seadanya sambil berdoa. Doa hingga shalawat dipimpin langsung oleh Ahmad Syikhu dihadapan makam BJ Habibie.

Nasdem Sudah Sepakat

Doakan Syaikhu-Ilham Habibie Menangkan Pilgub Jabar, Heikal: Punya Integritas dan Kapabilitas

Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat mengusung pasangan Ahmad Syaikhu dengan Ilham Habibie maju di Pilgub Jawa Barat (Jabar) tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jabar Saan Mustopa. Ia menyebutkan bahwa Nasdem dan PKS sudah matang berkoalisi dengan PKS di Jabar.

"Antara Pak Syaikhu dan Pak Ilham Habibie, mudah mudahan tidak ada perubahan yang mendadak. Tapi kalau NasDem sudah memutuskan untuk berkoalisi dengan PKS di Jabar," ujar Saan Mustopa di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa 27 Agustus 2024.

Dia mengatakan bahwa komunikasi Nasdem dengan PKS sudah terjalin sejak lama. Kemudian, Ilham dan Syaikhu juga ternyata telah kerap bertemu untuk memantapkan pencalonannya di Pilkada Jabar.

"Mudah-mudahan nggak ada perubahan yang luar biasa karena ini baru 75 persen tadi malam sudah selesai PKS-Nasdem atau Nasdem-PKS itu di Jabar berlayar," ungkap Saan.

Bahkan, Saan mengatakan bahwa Syaikhu dan Ilham Habibie sudah siap mendaftarkan diri pada Jumat 29 Agustus 2024 ke KPU Jabar.

Nasdem dan PKS, lanjut Saan, masih membuka peluang bagi partai politik lain yang belum menentukan siapa calon yang bakal diusung di Pilgub Jabar.

"Untuk saat ini kita masih berdua, tapi kita berusaha dengan parpol lain yang belum menentukan di Jabar," ucap Saan.

Saan mengaku pihaknya tetap optimis pasangan Syaikhu-Ilham bisa bersaing dengan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang telah mendaftar sebagai cagub-cawagub Jabar usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya