Mengejutkan, PKB Usung Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim di Pilgub Jatim

Anggota DPR RI Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah
Sumber :
  • TV Parlemen

Surabaya, VIVA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya memutuskan untuk mengusung pasangan calon (paslon) Gubernur-Wakil Gubernur sendiri pada Pilgub Jatim 2024. Partai hijau itu bakal mengusung Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim. Paslon ini akan berjuang melawan petahana Khofifah-Emil dan calon dari PDIP, Tri Rismaharini atau Risma.

Didukung Komunitas Otomotif, Airin Ajak Sinergi Promosikan Wisata Banten

“Benar [PKB mengusung Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim di Pilgub Jatim],” kata Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi dikonfirmasi VIVA, Rabu, 28 Agustus 2024.

Sebelum-sebelumnya, PKB dikabarkan akan berkoalisi dengan PDIP untuk melawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim. PKB menyodorkan nama mantan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, sementara PDIP mengusulkan dua nama untuk dipilih, yakni Tri Rismaharini atau Risma atau Abdullah Azwar Anas.

Pakar: Susah untuk Risma Menyodok Elektabilitas agar Bisa Menyaingi Khofifah

Namun, pada Selasa, 27 Agustus 2024, Ketua DPP PDIP M Said Abdullah menyatakan bahwa Partai Banteng akan mengusung Risma di Pilgub Jatim. Politikus asal Sumenep, Madura, itu, mengisyaratkan akan mengusung calon sendiri tanpa PKB. Paslon PDIP akan diumumkan Rabu ini.

Di bagian lain, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendaftar sebagai calon gubernur-wakil gubernur pada Pilgub Jatim 2024 ke kantor KPU provinsi setempat di Surabaya pada Rabu, 28 Agustus 2024. Datang ke KPU, Khofifah dan Emil naik sepeda motor listrik, kemudian begitu mendekati lokasi pindah menunggangi kereta Ul-Daul Madura.

Suswono Setuju Ariza Gerindra Pimpin Tim Pemenangan di Pilgub Jakarta

Mengenakan busana serba putih, Khofifah dan Emil mengawali pendaftaran dengan menyapa para pendukungnya di halaman rumah Khofifah di Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, sekitar pukul 09.00 WIB. Terlihat pula mendampingi, putra Khofifah dan istri dari Emil Dardak, Arumi Bachsin.

Sejenak Khofifah dan Emil menyampaikan kata sambutan dan penyemangat kepada para relawan dan pendukungnya. Setelah itu, keduanya menuju kantor KPU Jatim di Jalan Kendangsari dengan menaiki sepeda motor listrik warna hijau. Di belakang keduanya, rombongan driver ojek online mengiringi.

Dari Jemur Wonosari, Khofifah kemudian menuju sisi selatan kantor KPU Jatim. Di sana, telah menunggu beberapa kelompok kesenian tradisional yang berbaris sejak pagi hendak mengiringi Khofifah-Emil menuju kantor KPU Jatim. Ada kelompok seni barongan dari Bondowoso, ada Ul-Daul dari Madura, kelompok musik drum band yang berbusana ala santri, dan lainnya.

Khofifah dan Emil maju sebagai paslon pada Pilgub Jatim dengan mengantongi total dukungan dari 14 partai politik. Rinciannya, 8 partai parlemen dan 6 partai nonparlemen. Hanya PKB dan PDIP serta dua partai nonparlemen yang tidak disapu paslon petahana tersebut.

“Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan untuk membangun sinergi elemen partai pengusung,” kata Khofifah pada Selasa kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya