Surya Paloh Akui Ada Penjajakan Mengusung Ahmad Syaikhu Dengan Ilham Habibie di Pilgub Jawa Barat

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu
Sumber :
  • Dok Nasdem

Jakarta, VIVA – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengakui ada komunikasi dan penjajakan untuk mengusung duet Ahmad Syaikhu – Ilham Habibe di Pilgub Jawa Barat. Syaikhu adalah Presiden Partai Keadilan Sejahtera atau PKS. Sedangkan Ilham memang sejak awal sudah direkomendasikan oleh Nasdem.

Tidak Diusulkan Jadi Pj Gubernur, Heru Budi: Terima Kasih DPRD Jakarta

Surya Paloh menyebut bahwa dirinya baru mendengar kabar tersebut dari Ketua DPW Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa.

"Saya baru mendengar laporan yang diberikan oleh Ketua DPW Provinsi Jawa Barat, Kang Saan Mustopa," ujar Surya Paloh kepada wartawan, Rabu 28 Agustus 2024.

Dedi Mulyadi dan Rudy Susmanto Upayakan Pemekaran Bogor Barat dan Timur Terwujud di 2026

Dia menyebutkan bahwa ada penjajakan jika memang adanya kabar tersebut. Ia pun berharap pencalonan tersebut memang bisa terwujud.

"Bahwasanya ada penjajakan ke arah sana antara Pak Syaikhu sebagai Presiden PKS dengan Ilham Habibie. Mudah-mudahan itu bisa terjadi," kata Surya Paloh.

Doakan Syaikhu-Ilham Habibie Menangkan Pilgub Jabar, Heikal: Punya Integritas dan Kapabilitas

Sebelumnya, Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat mengusung pasangan Ahmad Syaikhu dengan Ilham Habibie, maju di Pilkada Jawa Barat tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa. Ia menyebutkan bahwa Nasdem dan PKS sudah matang berkoalisi dengan PKS di Jabar.

"Antara Pak Syaikhu dan Pak Ilham Habibie, mudah-mudahan tidak ada perubahan yang mendadak. Tapi kalau Nasdem sudah memutuskan untuk berkoalisi dengan PKS di Jabar," ujar Saan Mustopa di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa 27 Agustus 2024.

Dia mengatakan bahwa komunukasi Nasdem dengan PKS sudah terjalin sejak lama. Kemudian, Ilham dan Syaikhu juga ternyata telah kerap bertemu untuk memantapkan pencalonannya di Pilkada Jabar.

"Mudah-mudahan nggak ada perubahan yang luar biasa karena ini baru 75 persen tadi malam sudah selesai PKS-Nasdem atau Nasdem-PKS itu di Jabar berlayar," ungkap Saan.

Bahkan, Saan mengatakan bahwa Syaikhu dan Ilham Habibie sudah siap mendaftarkan diri pada Jumat 29 Agustus 2024 ke KPU Jawa Barat.

Nasdem dan PKS, lanjut Saan, masih membuka peluang bagi partai politik lain yang belum menentukan siapa calon yang bakal diusung di Pilgub Jabar.

"Untuk saat ini kita masih berdua, tapi kita berusaha dengan parpol lain yang belum menentukan di Jabar," ucap Saan.

Saan mengaku pihaknya tetap optimis pasangan Syaikhu-Ilham bisa bersaing dengan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang telah mendaftar sebagai cagub-cawagub Jawa Barat yang usungan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya