Mendaftar ke KPU Jawa Timur, Khofifah-Emil Tunggangi Ul-Daul Madura

Khofifah dan Emil menunggangi kereta Ul-Daul saat mendaftar sebagai cagub-cawagub ke KPU Jatim di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Surabaya, VIVA – Pasangan calon Gubernur-Wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Khofifah-Emil) mendaftar sebagai paslon di Pilgub Jatim ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi setempat di Surabaya pada Rabu, 28 Agustus 2024. Paslon petahana itu datang dengan diiringi kirab budaya.

Petahana Maju Lagi di Pilkada Kukar Potensi Tiga Periode, KPU Diingatkan Patuhi Putusan MK

Khofifah dan Emil mengawali pendaftarannya dengan menyapa para pendukungnya di halaman rumah Khofifah di Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya. Setelah menyapa dan menyampaikan sambutan, keduanya kemudian berangkat menuju kantor KPU Jatim sekitar pukul 09.00 WIB.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Photo :
  • Istimewa
Bawaslu Akui Tak Bisa Tindak Bakal Calon Kepala Daerah Bagi Sembako sebelum Kampanye

Dari rumah, Khofifah dan Emil yang kompak memakai busana putih itu berangkat dengan menunggangi sepeda motor listrik warna hijau. Sesampai di jalan sisi selatan kantor KPU Jatim di Jalan Kendangsari, rombongan kirab budaya yang sudah menunggu sejak pagi menyambut dengan atraksi kesenian.

Di sana, ada kelompok musik tradisional Ul-Daul dari Madura, ada kelompok kesenian barong, ada kelompok musik drum band berbusana ala santri, dan lainnya. Khofifah dan Emil kemudian naik ke atas replika kereta kencana raksasa yang dimodif sedemikian rupa. Turut naik pula putra Khofifah dan istri Emil Dardak, Arumi Bachsin, yang juga mengenakan busana putih.

Bawaslu Siapkan Rancangan Peraturan Pilkada Ulang Bila Kotak Kosong Menang

Kereta kencana raksasa pun berjalan pelan. Sementara Khofifah dan Emil berdiri sambil melambaikan tangan kepada para pendukungnya yang memenuhi jalan sepanjang Jalan Kendangsari hingga kantor KPU Jatim. Senyum berseri-seri selalu tersungging dari bibir keduanya.

Khofifah dan Emil bersama tim pemenangan dan partai pengusung kemudian masuk ke dalam kantor KPU Jatim, sementara iring-iringan relawanannya menunggu di jalan.

Khofifah-Emil maju sebagai cagub-cawagub di Pilgub Jatim 2024 dengan dukungan total 14 partai politik. Sebanyak 8 partai ialah pemilik kursi di DPRD Jatim, sementara sisanya 6 partai nonparlemen. Tersisa PDIP, PKB, dan dua partai nonparlemen yang luput dari borongan rekomendasi Khofifah-Emil.

“Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan untuk membangun sinergi elemen partai pengusung,” kata Khofifah pada Selasa kemarin.

Di bagian lain, PDIP Jatim sudah menyatakan akan mengusung Tri Rismaharini atau Risma untuk maju di Pilgub Jatim melawan Khofifah-Emil. Kabarnya, ia akan dipasangkan dengan kader PDIP juga, yakni M Nur Arifin yang sebelumnya akan maju sebagai calon bupati di Pilbup Trenggalek. Paslon PDIP akan diumumkan Rabu ini.

PDIP juga dikabarkan batal berkoalisi dengan PKB. Hingga saat ini, belum diperoleh informasi ke mana arah politik PKB di Pilgub Jatim, apakah jadi berkoalisi dengan PDIP atau mengusung calon sendiri juga. “Masih dibahas,” kata Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi dikonfirmasi VIVA pada Selasa malam kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya