Pramono Anung Siap Lawan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta: Kalau Sudah Maju Ya Tarung

Pramono Anung dan Rano Karno
Sumber :
  • Instagram @si.rano

Jakarta, VIVA - Pramono Anung menegaskan dirinya siap bertarung di Pilgub Jakarta, walau lawannya adalah Ridwan KamilSuswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus. Pramono yang akhrinya dipilih oleh PDIP sebagai calon gubernur atau cagub, menggandeng Rano Karno sebagai cawagub. 

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Rangkul Semua Parpol "supaya Pemerintahannya Lebih Tenang"

"Ya, kalau udah mau maju ya tarung," ujar Pramono Anung kepada wartawan di kediamannya, kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 28 Agustus 2024.

Politisi senior PDIP itu tak gentar walau harus menghadapi pasangan Ridwan Kamil-Suswono yang didukung oleh koalisi gemuk di Jakarta. Ia menegaskan akan berdiri tegak bersama rakyat.

Elite PDIP Bantah Isu Pertemuan Prabowo-Megawati demi Kursi Menteri

"Dia didukung oleh semuanya, saya sendirian enggak apa-apa. Saya berkoalisi sama siapa, sama rakyat aja," kata Sekretaris Kabinet itu.

Ridwan Kamil – Suswono akan mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jakarta ke KPUD Jakarta hari ini. Rencananya, pendaftaran dilakukan pada siang hari selepas salat dzuhur.

Catat! Suswono Janji Naikkan Gaji Guru PAUD Setara UMR Jika Menang Pilkada Jakarta

Ridwan Kamil menjelaskan dirinya dan Suswono bukan orang yang datang dari nol untuk menjadi kontestan di Pilkada Jakarta. Ridwan Kamil sendiri memiliki pengalaman memimpin Jawa Barat sebagai gubernur. Sedangkan, Suswono pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian.

"Pengalaman itulah yang dinilai RK menjadi pegangan dan keyakinan bahwa dirinya dan Suswono mampu memimpin Jakarta dengan baik, bahkan membawanya semakin maju. 

"Gabungan dari cagubnya yang ada kapasitas mengelola wilayah dan calon wakil gubernurnya yang paham di pemerintahan pusat menurut saya akan menguatkan keluarbiasaan Jakarta Baru, Jakarta Maju di lima tahun ke depan," tuturnya.

Sementara, PDIP memilih mengusung duet Pramono Anung – Rano Karno, di Pilgub Jakarta. Pada Rabu 28 Agustus 2024, Pramono-Rano akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah atau KPUD Jakarta. Ini juga mengakhiri spekulasi sebelumnya soal Anies Baswedan yang diusung.

Rano Karno adalah mantan Gubernur Banten, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDIP. Sementara Pramono adalah politisi senior PDIP, mantan Sekretaris Jenderal partai tersebut. Pramono juga sempat menjadi Wakil Ketua DPR RI 2009-2014. Saat ini, Pramono adalah Sekretaris Kabinet di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Terkait dirinya yang dipilih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Pramono mengaku kaget. Dia menyebut, selama ini tidak pernah meminta untuk diusung apalagi berharap. Tetapi ditegaskan politisi asal Kediri Jawa Timur tersebut, bila memang sudah menjadi keputusan maka ia akan bekerja keras.

“Saya tidak menduga, tidak meminta, dan tidak pernah berharap, tetapi ketika sdh menjadi keputusan, akan berusaha dengan sungguh-sungguh, dan bekerja keras untuk menjalankan amanah,” tulis Pramono Anung dalam akun media sosial miliknya, dikutip VIVA, Rabu 28 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya