Pramono Anung Sempat Komunikasi dengan Anies Sebelum Diusung PDIP di Pilgub Jakarta

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Sekretaris Kabinet yang juga kader PDIP, Pramono Anung mengaku sempat berkomunikasi dengan Anies Baswedan sebelum diusung dalam Pilgub Jakarta 2024. Ia mengaku membahas kecocokan dengan Anies.

Petahana Maju Lagi di Pilkada Kukar Potensi Tiga Periode, KPU Diingatkan Patuhi Putusan MK

"Sempat (komunikasi dengan Anies). Ya secara jujur saya hari minggu atau Sabtu saya telepon mas Anies yang nyambungin sebenernya ketua DPD saya bilang ke mas Anies 'Mas Bismillah mudah mudahan kita cocok' saya sampaikan ke beliau," ujar Pramono di Jakarta Selatan, Rabu, 28 Agustus 2024.

Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan bahwa kunjungannya ke kantor DPD PDI-P Jakarta bertujuan untuk membahas berbagai hal terkait Pilkada Jakarta 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
Bawaslu Akui Tak Bisa Tindak Bakal Calon Kepala Daerah Bagi Sembako sebelum Kampanye

Ia menjelaskan kecocokan yang dimaksud adalah ketika Anies berkunjung ke DPD PDIP. Pramono menilai hubungannya dengan Anies baik-baik saja.

"Cocok dengan kita kan beliau datang ke DPD PDI Perjuangan boleh tanya sama mas Anies bahkan saya sama semua orang itu hubungan saya sangat baik, tadi pun saya berkomunikasi sama mas Anies," ujar dia.

Bawaslu Siapkan Rancangan Peraturan Pilkada Ulang Bila Kotak Kosong Menang

Sebelumnya diberitakan, PDIP memilih mengusung duet Pramono Anung – Rano Karno, di Pilgub Jakarta. Pada Rabu 28 Agustus 2024, Pramono-Rano akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah atau KPUD Jakarta. Ini juga mengakhiri spekulasi sebelumnya soal Anies Baswedan yang diusung.

Rano Karno adalah mantan Gubernur Banten, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDIP. Sementara Pramono adalah politisi senior PDIP, mantan Sekretaris Jenderal partai tersebut. Pramono juga sempat menjadi Wakil Ketua DPR RI 2009-2014. Saat ini, Pramono adalah Sekretaris Kabinet di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Terkait dirinya yang dipilih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Pramono mengaku kaget. Dia menyebut, selama ini tidak pernah meminta untuk diusung apalagi berharap. Tetapi ditegaskan politisi asal Kediri Jawa Timur tersebut, bila memang sudah menjadi keputusan maka ia akan bekerja keras.

“Saya tidak menduga, tidak meminta, dan tidak pernah berharap, tetapi ketika sdh menjadi keputusan, akan berusaha dengan sungguh-sungguh, dan bekerja keras untuk menjalankan amanah,” tulis Pramono Anung dalam akun media sosial miliknya, dikutip VIVA, Rabu 28 Agustus 2024.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Di sisi lain, Bendahara Umum PDI Perjuangan (PDIP) Olly Dondokambey mengatakan bahwa Sekretaris Kabinet Pramono Anung bersedia maju dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024. 

"Kemarin memang Pak Pramono dipanggil Ibu dan diminta untuk mencalonkan, calon Gubernur DKI, itu aja. Pak Pramono berkoordinasi dengan beberapa orang, sehingga ternyata dia jadi bersedia, itu saja. Oh iya, dia telepon ke istrinya dan ternyata atas permintaan Ibu, ya, bersedia," ujar Olly kepada wartawan Selasa, 27 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya