Lukman Edy Sebut Akan Lapor Presiden untuk Gelar Muktamar Ulang PKB

Eks Sekjen PKB, Muhammad Lukman Edy (kiri) di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Mantan sekretaris jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Lukman Edy mengatakan bahwa muktamar ulang pada 2-3 September di Jakarta akan mengundang Presiden Joko Widodo.

Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

"Kami punya rencana muktamar yang akan kami buat dibuka oleh PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), dan nanti ditutup oleh Presiden," kata Lukman di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, Selasa, 27 Agustus 2024.

Walaupun demikian, ia mengatakan bahwa belum ada obrolan antara pihaknya dengan Istana terkait rencana mengundang Presiden tersebut.

PKB: Kita Tunggu Saja Kinerja 39 Hari Gus Ipul

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Mukatamar PKB di Bali

Photo :
  • Antara

"Kami matangkan dulu, baru kami lapor Presiden, dan hari ini akan kami laporkan kepada, atau besok ya, melaporkan kepada PBNU," ujarnya.

Susunan Lengkap Pengurus DPP PKB 2024-2029: Cak Imin Ketum, Ma'ruf Amin Dewan Syuro

Ia menjelaskan bahwa pelaporan itu dilakukan agar lembaga tersebut dapat memberikan pengarahan terkait adanya Komite Pengarah muktamar dari unsur PBNU.

Menurut dia, laporan kepada PBNU dapat membuat sinergisitas dengan PKB kembali pulih.

Sementara itu, ia menjelaskan dalam muktamar di Jakarta itu akan mendorong calon ketua umum PKB selain Muhaimin Iskandar yang telah menjabat sekitar 20 tahun.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya.

Photo :
  • TVNU

"Nanti kami akan dorong sebanyak-banyaknya calon ketua umum yang kemudian akan dipilih secara demokratis di muktamar. Tokoh-tokohnya banyak, tokoh-tokoh terbaik PKB, tokoh-tokoh terbaik NU, baik yang sudah beredar selama ini, misalnya ada Khofifah, ada Yenny Wahid, ada Saifullah Yusuf," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Kalau di di proksi Cak Imin, ada misalnya Halim Iskandar, Jazilul Fawaid, Hanif Dhakiri, Ida Fauziyah, banyak sekali. Anak-anak mudanya ada Adung, ada Yaqut. Banyak sekali kader-kader NU dan kader-kader PKB yang mumpuni dan selama ini terbukti kepemimpinannya."

Sebelumnya, Muktamar VI PKB telah diselenggarakan pada 24-25 Agustus di Bali, dan menetapkan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk menjabat kembali sebagai ketua umum partai politik tersebut.

Keputusan itu ditetapkan dalam Sidang Pleno Ke-4 Muktamar PKB usai 38 dewan pimpinan wilayah secara aklamasi meminta Cak Imin menjabat Ketua Umum PKB periode 2024-2029 pada Sidang Pleno Ke-2 di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (24/8).

Selain itu, Muktamar VI PKB turut menetapkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syura PKB periode 2024-2029. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya