Golkar Dukung Airin di Pilkada Banten, Pengamat: Bahlil Tunjukkan Kelas Sebagai Pemimpin

Bahlil Lahadalia Ketum Golkar, Golkar Putar Balik Dukung Airin di Banten
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Direktur Eksekutif Partner Politik Indonesia, Abubakar Solissa atau AB Solissa, mengapresiasi keputusan Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, yang mengusung Airin Rachmi Diany sebagai calon Gubernur Banten di Pilkada 2024. Menurutnya, Bahlil yang baru saja dipilih jadi Ketum Golkar itu telah menunjukkan kelasnya sebagai seorang pemimpin.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Bahlil, kata AB Solissa, dengan kemampuan komunikasi politik yang baik, berhasil mencari titik temu di tengah polemik pencalonan. Terutama dalam menjaga soliditas dengan partai-partai politik di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait keputusan Golkar yang mengalihkan dukungan dari Andra Soni dan Dimyati Natakusumah ke Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi.

"Ketum Bahlil mampu menunjukkan kemampuan komunikasi politiknya di injury time. Selain tetap menunjukkan soliditas di internal KIM, tapi Bahlil juga tetap mempertimbangkan aspirasi kader dari internal partai yang menginginkan Airin tetap didukung oleh Golkar,” ujar AB Solissa, Selasa 27 Agustus 2024.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, menjelaskan alasan di balik keputusan partainya untuk mendukung Airin Rachmi Diany

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Lebih lanjut, AB Solissa menyatakan bahwa keputusan politik Bahlil di saat-saat genting menjelang pendaftaran ke KPU ini menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan teruji. Bahlil dinilai memiliki kompetensi untuk membawa Golkar sukses di Pilkada 2024, memperjuangkan kader internal, menjaga marwah partai, serta mampu memengaruhi konstelasi politik nasional.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Di sisi lain, dukungan Bahlil kepada Airin juga tidak lepas dari pertimbangan rasional dari beberapa hasil survei yang menunjukkan bahwa dukungan terhadap Airin dari masyarakat sangat tinggi.

AB Solissa mengutip salah satu survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru yang menunjukkan keunggulan Airin sangat signifikan dibandingkan dengan kompetitornya, Andra Soni.

Airin tercatat memiliki dukungan dari masyarakat sebesar 77,3 persen, sementara Andra Soni hanya di kisaran 10 persen.

“Yang terbaru misalnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 21 Agustus 2024 kemarin merilis temuannya. Hasilnya, bila skema head to head antara Airin dan Ketua DPD Partai Gerindra Banten Andra Soni, gapnya sangat jauh. Airin memiliki elektabilitas 77,3 persen dan Andra Soni hanya di kisaran 10 persen,” bebernya.

AB Solissa menjelaskan bahwa kontribusi Airin kepada Golkar selama ini juga dinilai cukup besar, pernah memimpin sebagai Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) selama dua periode, lalu menjadi calon legislatif (caleg) dapil Banten III dengan mendulang suara terbanyak.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, berpandangan bahwa keputusan Bahlil mengusung Airin adalah langkah politik yang tepat.

“Bagaimanapun, Airin merupakan kader Golkar yang memiliki elektabilitas tinggi, punya potensi menang juga,” kata Ujang Komarudin saat dihubungi, Selasa 27 Agustus 2024.

“Oleh karena itu, mungkin untuk menjaga kader yang potensial itu, Airin didorong diusung oleh Partai Golkar yang sebelumnya rekomendasi Golkar diberikan kepada Andra Soni dan Dimyati,” sambungnya.

Menurut Ujang, langkah Bahlil Lahadalia menarik dukungan dari Andra Soni yang didukung oleh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus dipandang sebagai langkah yang berani karena memiliki risiko.

Namun, langkah politik terakhir dengan mengusung Airin di Pilkada Banten merupakan bagian dari kepiawaian Bahlil dalam membangun komunikasi politik dengan partai-partai di KIM.

Ujang mengatakan bahwa menarik kembali dukungan dan memberikannya kepada Airin merupakan hal yang wajar. Sebab, Golkar berhak memberikan rekomendasi kepada siapa pun, baik kepada Andra Soni maupun kepada Airin.

Ketum Partai Golkar Bahlil Lahadalia mengumumkan mendukung pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Namun, di detik-detik terakhir, Bahlil dengan tegas memberikannya kepada Airin dan lebih mengutamakan kadernya sendiri.

Ujang menjelaskan bahwa keputusan politik Bahlil ini juga menjadi catatan bagus bagi kaderisasi kepemimpinan di partai politik. Apalagi, Airin merupakan kader terbaik Golkar di Provinsi Banten yang jika diabaikan, bisa diambil oleh PDI Perjuangan yang secara resmi telah mengusungnya terlebih dahulu dari Partai Golkar.

“Ya, saya sih melihat keberanian, keberanian Bahlil mengusung kadernya yang punya basis massa, elektabilitanya cukup tinggi, hingga harus didukung,” tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya