Jokowi Puji Reaksi DPR Tolak RUU Pilkada, tapi Singgung RUU Perampasan Aset

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pidato tahunan MPR RI 2024
Sumber :
  • TV Parlemen

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi respons cepat DPR RI membatalkan revisi UU Pilkada di tengah gelombang aksi penolakan. Jokowi menilai reaksi parlemen sangat baik dalam mengambil keputusan tersebut.

Survei: Pemilih Segmen Lintas Agama Solid Pilih Amsakar-Li Claudia di Pilwalkot Batam 2024

"Ya saya menghargai langkah cepat DPR dalam menanggapi situasi yang berkembang, respons yang cepat adalah hal yang baik, sangat baik," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Presiden Jokowi di IKN.

Photo :
  • Antara.
RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

Namun, Jokowi berharap agar DPR RI bersikap sama terhadap regulasi lainnya. Kepala Negara lalu mengungkit soal nasib RUU Perampasan Aset, yang dinilainya sangat penting untuk pemberantasan korupsi.

"Dan harapan itu bisa diterapkan untuk hal-hal yang lain juga, yang mendesak. Misalnya RUU Perampasan Aset, yang juga sangat penting untuk pemberantasan korupsi, juga bisa segera diselesaikan oleh DPR," kata Jokowi.

RK Targetkan Menangi Pilkada Jakarta Satu Putaran: Jangan Menang Tipis

Diketahui, DPR batal mengesahkan RUU Pilkada menjadi Undang-Undang pada rapat paripurna beberapa waktu lalu. Pengesahan itu batal lantaran gelombang penolakan masyarakat di berbagai daerah, termasuk di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Bakal cagub Jakarta, Ridwan Kamil usai acara Deklarasi Relawan Jaringan Pelayan Masyarakat untuk RIDO, di Jakarta Utara, Senin, 16 September 2024.

Bocoran RK soal Timsesnya: Diisi Ahli, Profesor, Anak Muda yang Enggak Berpartai

Bakal calon gubernur (cagub) Jakarta, Ridwan Kamil (RK) membocorkan struktur tim sukses (timses) RK-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024