Wakil Ketua TKN Beri Pandangan soal Isu Kaesang Sewa Jet Pribadi ke AS

Wakil Ketua TKN Silfester Matutina.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Heboh soal private jet atau jet pribadi yang disewa Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep untuk menemani sang istri Erina Gudono kuliah ke Amerika Serikat (AS). Isu penggunaan jet pribadi itu menuai pro dan kontra.

Kata Jokowi Soal Kaesang Datangi KPK: Semua Sama di Mata Hukum

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming di Pilpres 2024, Silfester Matutina pun ikut beri pandangan. Menurut dia, hal itu tak ada masalah dengan catatan tak menggunakan anggaran negara.

Dia mengatakan demikian karena di dalam private jet Kaesang juga ada rekan bisnis. 

Kaesang Diminta Isi Formulir Gratifikasi di KPK, Apa Maksudnya?

“Jadi, kita meyakini bahwa di sini tidak ada uang negara yang dipakai. Kita lihat dari foto dan video di dalam pesawat, bahwa di dalam pesawat bukan hanya Mas Kaesang dan Mbak Erina, tetapi ada partner bisnisnya," kata Silfester, dalam keterangannya, Selasa, 27 Agustus 2024.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Penyerahan Rekomendasi Pilkada 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Kaesang Sebut Pergi ke AS Bareng Istri hingga Kakak Ipar: Tiket Satu Orang Rp90 Juta

Ia menduga yang menyewa jet pribadi itu adalah rekan bisnis Kaesang. "Jadi, kemungkinan yang menyewa pesawat ini adalahnya partner bisnisnya, kemungkinan," lanjut Silfester.

Pun, Silfester coba mendudukan persoalan dengan menegaskan tak ada uang negara yang dipakai.

"Intinya kita mendudukkan persoalan, ya kan, menjelaskan bahwa di sini tidak ada uang negara yang dipakai," jelas Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) itu.

Lebih lanjut, dia menambahkan penggunaan jet pribadi bukan hanya dilakukan Kaesang. Dikatakan Silfester, banyak kalangan mulai pengusaha, artis, hingga politisi yang mengggunakan jet pribadi.

"Saya tahu, saya dulunya operator yang menyewakan private jet. Saya juga sering pakai private jet. Boleh atau tidak, pantas atau tidak pantas, tergantung penilaian masyarakat bagaimana," tutur dia.

Kemudian, ia menambahkan banyak kalangan pengusaha yang menggunakan jet pribadi untuk tujuan tertentu untuk urusan bisnis.

"Kenapa pengusaha pakai jet, karena efisien waktu. Lalu juga prestise, jaga wibawa. Kita kalau bisnis, melakukan transaksi, image akan dipercaya orang kalau performa atau lifestyle nya terjaga," ujar Silfester.

Dia pun mengimbau agar isu penggunaan jet pribadi tak perlu menyerang ranah pribadi Kaesang dan istrinya Erina Gudono. "Saya pikir kita harus fair dan bijaksana," jelas Silfester.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya