Golkar Klaim KIM Plus Tak Akan Berubah Sikap meski Anies Jadi Maju Pilkada Jakarta

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia
Sumber :
  • VIVA/Ilham

Jakarta, VIVA - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus tidak akan berubah menyusul Anies Baswedan yang dikabarkan bakal didukung oleh PDI Perjuangan untuk maju pada Pilkada Jakarta 2024.

RK Ingin Bertemu Anies: Tak Melulu untuk Minta Dukungan

"Kami kan membangun komunikasi intensif dengan NasDem, kemudian dengan PKB dan PKS itu kan setidaknya hampir tiga minggu lah waktu itu sampai pada akhirnya sepakat mendukung Ridwan Kamil-Suswono. Jadi, saya kira tidak semudah itulah akan bisa berubah," kata Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Sebab, kata dia, proses KIM Plus untuk akhirnya sepakat mengusung Ridwan Kamil dan Suswono pada Pilkada Jakarta 2024 dibangun dalam kurun waktu yang tidak sebentar.

RK Targetkan Menangi Pilkada Jakarta Satu Putaran: Jangan Menang Tipis

Deklarasi Pencalonan Ridwan Kamil-Suswono Maju Pilkada Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Komitmennya kan, komitmen yang sangat kuat. Prosesnya kan cukup lama ya. Artinya, enggak sebentar. Begitu kami menyodorkan nama Ridwan Kamil itu kan prosesnya ada dua, tiga, minggu tuh akhirnya kami putuskan mendapatkan dukungan parpol yang sebanyak 12 itu sehingga pendekatannya cukup lama," ujarnya.

70 Persen Timses Bakal Diisi Anak Muda, RK Beberkan Strategi Kampanyenya

Doli pun menegaskan bahwa KIM Plus akan tetap membawa pasangan Ridwan Kamil-Suswono "berlayar", sekalipun nantinya PDIP bakal mengusung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 yang dikeluarkan pada Selasa (20/8), mengubah aturan ambang batas pencalonan kepala daerah oleh partai politik tidak lagi 20 persen, tetapi menjadi minimal 7,5 persen sampai 10 persen.

Putusan MK tersebut membuka Peluang bagi PDIP untuk mengusung calonnya sendiri pada Pilkada Jakarta 2024. Belakangan, nama Anies Baswedan pun santer dijagokan PDIP untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

Anies Baswedan melakukan kunjungan ke kantor DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jakarta pada Sabtu siang, 24 Agustus 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Sebelum putusan MK tersebut, sebanyak 12 partai politik yang tergabung dalam KIM Plus telah lebih dulu mengumumkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono pada Senin (19/8).

KIM Plus terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya