Catat! Ini Janji Dedi Mulyadi Jika Jadi Gubernur Jawa Barat

Bakal calon gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Setelah terpilih dan nantinya menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi berjanji akan fokus pada penyelesaian sejumlah masalah mendasar di wilayah tersebut dalam dua tahun ke depan.

Suswono ke PKS Jakarta Minta Hidupkan Mesin Partai Menangkan Pilgub Jakarta

Dedi mengatakan, pentingnya orkestrasi dalam pengelolaan pembangunan, mengingat besarnya jumlah penduduk di provinsi ini.

"Gubernur tidak memiliki wilayah langsung yang berhubungan dengan rakyat. Wilayah itu ada pada kepala desa, bupati, dan wali kota," ujar Dedi dalam keterangannya di Kantor DPP PSI, Senin 26 Agustus 2024. 

KPU Nyatakan Tiga Paslon di Pilgub Jakarta Sudah Penuhi Syarat, Suswono Ungkap Hal Ini

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi

Photo :
  • Antara

Dedi menekankan pentingnya peran gubernur dalam mengorkestrasikan seluruh pembangunan secara terencana dan terintegrasi.

PPP Minta Kader Menangkan Calon Kepala Daerah di Jatim, Termasuk Khofifah-Emil Dardak

Sebagai contoh, gubernur akan mengidentifikasi dan mengajak bicara setiap kepala daerah mengenai masalah mendasar di wilayah mereka. 

"Misalnya, jika di sebuah kabupaten terdapat 100 ribu rumah yang tidak layak huni, maka kita akan segera membagi tugas," ujarnya. 

Pembagian tugas tersebut akan melibatkan pemerintah desa, kabupaten/kota, dan pemerintah provinsi.

Selain itu, isu-isu mendesak seperti pembangunan jalan, penyediaan air bersih, dan sanitasi lingkungan akan menjadi prioritas utama. 

Dedi mengakui bahwa meski kita sudah memasuki era digital, masih banyak masalah sanitasi yang belum selesai, termasuk banyaknya warga yang masih buang air di sungai kecil.

Dedi juga akan menyoroti masalah kepemilikan rumah, tingginya angka kematian ibu dan bayi, serta fenomena sosial seperti tingginya angka pernikahan usia muda, maraknya pinjaman online ilegal, dan bank keliling.

Salah satu tantangan terbesar adalah rendahnya angka serapan siswa di SMA, yang sering kali mengakibatkan siswa diterima di sekolah namun kemudian dikeluarkan karena masalah jarak yang dekat tetapi tidak cukup memenuhi syarat.

Dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut, Dedi berkomitmen untuk menyelesaikannya dalam dua tahun. 

"Sanitasi lingkungan, infrastruktur jalan, listrik, air bersih, ketersediaan sekolah, dan layanan kesehatan, semua itu akan diselesaikan dalam dua tahun," ujarnya.

Setelah dua tahun, pemerintah provinsi akan fokus pada cita-cita besar lainnya untuk menjawab tantangan masa depan Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya