Anies-Rano Karno Belum Dideklarasikan Maju Pilkada Jakarta, PDIP: Sabarlah Sedikit

Flyer Anies Baswedan dan Rano Karno yang tersebar di media sosial
Sumber :
  • X @3sundaycloth

Jakarta, VIVA - PDI Perjuangan (PDIP) angkat bicara soal isu batalnya mengusung calon kepala daerah untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Sebelumnya, nama Anies Baswedan dan Rano Karno digadang-gadang akan diusung PDIP di Pilkada Jakarta.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Rangkul Semua Parpol "supaya Pemerintahannya Lebih Tenang"

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan pengumuman calon kepala daerah untuk Pilkada Jakarta merupakan kewenangan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP.

“Oh, masih belum (ada kepastian), itu kewenangan hak prerogatif dari ketua umum,” kata Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, pada Senin, 26 Agustus 2024.

Elite PDIP Bantah Isu Pertemuan Prabowo-Megawati demi Kursi Menteri

Flyer Anies Baswedan dan Rano Karno yang tersebar di media sosial

Photo :
  • X @3sundaycloth

Djarot pun meminta kepada masyarakat untuk sabar menunggu hasil keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri dalam menentukan kandidat siapa saja yang akan diusung nanti.

Rano Karno: Tak Perlu Strategi Khusus Lawan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

“Maka sabarlah sedikit. Satu, dua hari pasti ketua umum akan menyampaikan siapa yang nanti akan dicalonkan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur. Yang paling penting kan itu ya, jadi tunggu saja satu, dua hari,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Anies Baswedan yang digadang akan dideklarasikan jadi calon Gubernur Jakarta sempat mendatangi markas DPP PDIP di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin, 26 Agustus 2024. Dalam foto yang dilihat, Anies tampak duduk bersebelahan dengan Politikus PDIP Rano Karno.

Nama Anies santer akan diusung PDIP di Pilgub Jakarta 2024, diduetkan dengan Rano Karno. Kedatangan Anies ke DPP PDIP juga dikonfirmasi oleh Juru Bicaranya, Angga Putra Fidrian. 

Namun, Angga tak bisa menjelaskan lebih detail mengenai tujuan kunjungan Anies ke markas partai berlambang banteng moncong putih itu. "Iya ke DPP, tetapi detailnya bisa ditanya ke PDIP," kata Angga.

Sebelum pergi ke DPP PDIP, Anies sempat berpamitan kepada sang ibu, yaitu Aliyah Rasyid Baswedan beserta istrinya Ferry Farhati di ruang keluarga.

"Anies berangkat dulu ya, mohon doa restunya semoga dilancarkan hari ini,” ujar Anies melalui keterangan.

Sang ibunda, Aliyah pun langsung menengadahkan tangan dan berdoa agar anaknya diberi kelancaran dalam menjalankan semua amanah.

“Insya Allah Anies dimudahkan dalam mengemban amanah apapun. Semoga selalu diiringi dan diberikan pertolongan Allah SWT,” ujar ibunda. 

Namun, dalam deklarasi yang diumumkan hari ini tak ada nama Anies Baswedan. Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto tak menyebut Anies sebagai bakal calon Gubernur Jakarta. Belakangan, muncul kabar PDIP batal mengusung Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya