Mardani Ali: Anies Sahabat PKS di Mana Pun Berada

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera.
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Fajri

Jakarta, VIVA - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS Mardani Ali Sera menilai majunya Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta yang diisukan akan diusung PDIP membuat pertarungan akan menjadi lebih kompetitif.

Suswono Janji Cari Akar Masalah Keberadaan 'Kampung Narkoba'

"Semua punya hak. Kian kompetitif kian baik bagi warga," kata Mardani dilansir dari ANTARA di Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Menurut Mardani, situasi tersebut sangat menguntungkan karena masyarakat memiliki banyak pilihan orang berkualitas untuk dipilih menjadi gubernur.

KPU Nyatakan Tiga Paslon di Pilgub Jakarta Sudah Penuhi Syarat, Suswono Ungkap Hal Ini

Anies Baswedan.

Photo :
  • ANTARA Foto

Dengan demikian, kata dia, masyarakat bisa menilai secara objektif visi-misi pasangan calon mana yang dianggap paling tepat untuk memajukan Jakarta.

PPP Minta Kader Menangkan Calon Kepala Daerah di Jatim, Termasuk Khofifah-Emil Dardak

Saat ditanya apakah majunya Anies akan menyulitkan langkah Ridwan Kamil dan Suswono dalam memenangkan kursi Gubernur Jakarta, Mardani menanggapi dengan jawaban normatif. "Kita lihat siapa saja yang mendaftar," kata Mardani.

Mardani juga memastikan hubungan PKS dengan Anies tetap terjalin dengan baik, walaupun saat ini sudah berbeda haluan politik. "Mas Anies sahabat PKS di mana pun berada," kata Mardani.

Perjalanan Anies bersama dengan PKS sudah terjalin ketika mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu diusung menjadi gubernur DKI Jakarta pada pilkada 2017.

Anies Baswedan bersama kader PKS Kota Bekasi.

Photo :
  • VIVA/Dani (Bekasi)

Kerja sama politik antara keduanya tetap berlanjut kala Anies maju menjadi calon Presiden RI pada Pilpres 2024. Beberapa partai pun juga mengikuti jejak PKS dalam mendukung Anies pada pilpres itu, yakni Partai Nasdem dan PKB .

Setelah pasangan Anies dan Muhaimin Iskandar dinyatakan kalah dalam Pilpres 2024, Anies pun berupaya kembali maju dalam Pilkada 2024.

Namun demikian, PKS sudah berbeda sikap politik dan memilih meninggalkan Anies untuk masuk dalam koalisi besar pemerintah. Langkah PKS juga diikuti oleh Partai NasDem dan PKB.

Kini, Anies diisukan sedang menjalin kedekatan dengan PDIP. Tidak menutup kemungkinan PDIP akan mengusung Anies dalam pilkada di Jakarta. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya