Diumumkan Siang Ini, PDIP Usung Anies Baswedan dengan Rano Karno di Pilgub Jakarta?

Anies Baswedan di kantor DPD PDIP Jakarta
Sumber :
  • Dok Anies Baswedan

Jakarta, VIVA – Nama Anies Baswedan semakin menguat untuk diusung oleh PDIP, di Pilgub Jakarta. Apalagi pendaftaran calon perdasarkan Peraturan KPU atau PKPU, mulai pada 27-29 Agustus 2024. Siang nanti, Senin 26 Agustus 2024, PDIP akan mengumumkan bakal calon kepala derah/ wakil kepala daerah tahap 3 dari partai tersebut.

Suswono Setuju Ariza Gerindra Pimpin Tim Pemenangan di Pilgub Jakarta

Pengamat politik Adi Prayitno, menilai peluang Anies diusung PDIP belakangan ini memang sudah sangat kuat sekali. Pertemuan Anies dengan DPD PDIP Jakarta pada Sabtu siang 24 Agustus, adalah puncaknya.

“Kunjungan ke DPD PDIP itu kemarin menjadi penebal,” kata Adi, dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Senin 26 Agustus 2024.

Ridwan Kamil Bakal Temui Anies, Suswono: Tunggu Respons dari Beliau

Bagi Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu, pertemuan itu adalah ibarat bumbu penyedap. Tinggal menunggu kepastian dari pengumuman Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Dia melihat, ada perasaan yang kuat di partai tersebut, kalau memang Anies yang ingin mereka usung di Pilkada Jakarta. Apalagi dari calon-calon yang ada, Anies adalah yang kompetitif untuk melawan pasangan dari Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus, Anies Baswedan-Suswono.

KPUD Jakarta: Kalau Ada Ajakan Menjadikan Suara Tidak Sah Masuk Kategori Pidana Pemilu

“Jadi dalam konteks itulah PDIP yang hari ini sendirian butuh nama besar salah satu jawabannya ada di Anies Baswedan,” kata Adi.

Bahwa ada wacana untuk mengusung kader sendiri, memang mencuat. Apalagi ada nama-nama yang juga mampu seperti Ahok hingga Djarot Saiful Hidayat. Tapi Adi melihat, apakah dengan mengusung kader sendiri ini bisa meraup suara di luar partai.

“Misal Ahok, Djarot, ini tidak akan menambah ceruk suara di luar PDIP,” katanya.

Duet Dengan Si Doel?

Rano Karno saat memberikan keterangan pers tentang perkembangan Pilkada Serentak 2024 di sela kegiatan bersama seniman di Festival Cisadane, Tangerang, Selasa, 23 Juli 2024.

Photo :
  • ANTARA/Irfan

Nama Rano Karno juga belakangan mencuat, untuk diusung di Pilgub Jakarta. Menduetkan Anies-Rano. Apalagi politisi yang dikenal dalam perannya sebagai ‘Si Doel’ itu punya pengalaman sebagai Wakil Gubernur dan Gubernur Banten. Suara untuk mendukung duet Anies-Rano memang mencuat juga. Hal itu juga diakui Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

“Ada aspirasi misalnya dari akar rumput untuk Mas Anies dan Si Doel Anak Betawi, Mas Rano Karno. Itu merupakan ekspresi dari arus bawah. Partai terus mencermati suara rakyat," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2024.

Dikutip dari Antara, sebelumnya Rano Karno menegaskan dirinya siap untuk ditugaskan. Apakah itu maju di Pilkada Banten atau juga di Jakarta, 23 Juli 2024.

"Sebagai kader, saya siap mengikuti penugasan yang diputuskan oleh partai dimanapun, baik di Jakarta maupun di Banten," kata Rano Karno di sela kegiatan menemui seniman di Festival Cisadane Tangerang Selasa.

Ia mengakui jika namanya masih muncul pada posisi unggulan dalam sejumlah survei terkait Pilkada Banten 2024. Namun hal tersebut masih menunggu proses pembahasan yang dilakukan DPP PDI-P.

"Intinya saya tidak bisa putuskan karena semua adalah keputusan partai. Karena setiap daerah memiliki karakteristik dan kepentingannya masing-masing," kata Rano yang didampingi kader PDI-P Kota Tangerang Andri S Permana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya