Jokowi Cerita Manis-Asam Hubungannya dengan Surya Paloh: Hari Ini Salaman, Seminggu Kemudian Beda

Jokowi Bersama Surya Paloh di Kongres III Partai Nasdem
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menceritakan 'manis-asam' hubungannya dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Cerita itu disampaikan Jokowi saat pidato pembukaan Kongres III Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Minggu malam, 25 Agustus 2024.

Mahfud MD Heran Ngabalin Dijuluki 'Orang Istana': Datang ke Istana Aja Nggak Pernah

Meski sudah akrab sejak 10 tahun yang lalu, Jokowi mengaku bahwa acap kali dirinya dengan Surya Paloh memiliki cara pandang yang berbeda.

"Di 2024 sempat beda jalan. Bang Surya di perubahan, kemudian saya di keberlanjutan. Ya gapapa, itu wajar," kata Jokowi di depan ribuan kader Partai Nasdem.

Diresmikan Jokowi, Ini Alasan FIBA Buka Kantor di Indonesia

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Jakarta Convention Center (JCC) untuk menghadiri Kongres III Partai Nasdem.

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong

"Kami bisa saling memahami dan bisa saling mengerti perbedaan itu. Karena memang hubungan saya dengan Bang Surya sangat alami, sangat nyata. Kami bisa sangat dekat walaupun beda pendapat," sambung Jokowi.

Sambangi Istana, Pimpinan Muhammadiyah Ucapkan Terima Kasih kepada Jokowi

Dia pun berkelakar bahwa dirinya pernah memiliki kesamaan pendapat dan cara pandang, namun seminggu kemudian Surya Paloh berbeda cara pandang.

"Saya pernah hari ini salaman, sapakat, lalu seminggu kemudian beda. Gak apa-apa, saya kira itu sangat bagus," kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga berterima kasih kepada Surya Paloh yang selalu setia mendukungnya selama 10 tahun terakhir, hingga masa jabatan Jokowi selesai pada 20 Oktober mendatang.

"Dimulai pada 2014 Nasdem adalah partai pertama yang mendeklarasikan saya sebagai calon presiden. Kemudian 2019 juga (mendukung saya) dengan politik tanpa mahar. Terima kasih Bang Surya, terima kasih juga saya ucapkan pada Partai Nasdem."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya