Sosok Hasan Basri Sagala, Cawagub Pendamping Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024

Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi - Hasan Basri Sagala.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Karo, VIVA – Bakal calon gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengungkapkan bahwa Hasan Basri Sagala adalah pendampingnya jadi bakal calon wakil gubernur di Pilgub Sumut 2024.

Kata Kapolri Soal Adanya Dugaan Penyelewengan di Acara PON XXI Aceh-Sumut

"Iya benar, wakil saya itu bapak Hasan Basri Sagala," kata Edy kepada wartawan di Kabupaten Karo, Sabtu malam, 24 Agustus 2024.

Bacalon Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)
Usut Pengelolaan Keuangan PON XXI, Polri Langsung ke Aceh-Sumut Siang Ini

Mantan Pangkostrad itu, memberikan alasan memilih Hasan Basri Sagala sebagai wakilnya usai diusulkan oleh DPP PDI Perjuangan.

"Karena beliau kader PDIP, dan diusulkan oleh DPP PDI Perjuangan," ucap Edy.

Kun Wardana Komentari Pernyataan RK soal Anggaran RT/RW Rp 200 Juta

Atas hal itu, Edy Rahmayadi dan Hasan Basri Sagala siap bertarung di Pilkada Sumut, dengan didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Ummat. 

Mengenal sosok Hasan Basri Sagala, merupakan pria kelahiran Kota Pinang, 10 Juni 1977. Dia adalah alumni S1 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), S1 Universitas Indonesia (UI).

Suami dari Linda Sahfitri Hasibuan ini memiliki pengalaman organisasi, yakni menjabat sebagai Kasat Kornas Banser, Ketua PP GP Ansor, Ketua PB PMII, Sekretaris LTM PBNU, Wakil Sekretaris BPET MUI Pusat dan Wakil Ketua Umum JBMI Pusat.

Hasan Basri Sagala juga aktif menjadi Komisaris di PT. Victoria Alife Indonesia (VAI), sebuah perusahaan penyedia jasa asuransi jiwa terpadu hingga menjadi Tenaga Ahli Kementerian Agama RI.

Hasan Basri Sagala, yang merupakan kader PDI Perjuangan juga maju sebagai Calon Legislatif tahun 2024 dari Partai PDI Perjuangan nomor urut 7, dari Dapil Sumut II. Namun, tidak terpilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya