Punya Kepemimpinan Inovatif, Khofifah Makin Diinginkan Kembali Pimpin Jatim

Bakal cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Figur Khofifah Indar Parawansa digadang kuat bisa memenangkan kontestasi Pilgub Jatim 2024. Eks Menteri Sosial RI itu dinilai punya modal untuk kembali duduk sebagai Gubernur Jatim di periode keduanya.

Buktikan Periode Pertama Bawa Kebaikan untuk Jatim, Khofifah Layak Teruskan Kepemimpinan

Saat menjabat Gubernur Jatim periode 2019-2024, Khofifah digambarkan punya karakter kepemimpinan yang inovatif. Kinerja moncer Khofifah sukses mendorong hadirnya berbagai pencapaian besar di Jatim. Kondisi tersebut membuat eks Wakil Ketua DPR itu diinginkan bisa kembali memimpin Jatim di periode kedua. 

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan, Kiai Makki Nasir menilai Khofifah berhasil mendorong banyak pencapaian membanggakan selama satu periode memimpin Jatim. Kata dia, beberapa sektor berhasil didorong maju berkat inovasi dan berbagai kebijakan cerdas.

Jurus Gus Hans Cawagub Risma Rebut Suara Nahdliyin dari Khofifah

"Beliau Ibu Khofifah orangnya cerdas dan inovatif," kata Kiai Makki, dalam keterangannya, pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA
Khofifah Dinilai Banyak Berikan Kemajuan Bagi Jatim, Termasuk Pengembangan Ponpes

Dia menyebut selama masa pemerintahan Khofifah, Jatim mampu menuntaskan berbagai persoalan yang mengakar. Salah satunya terkait persoalan kemiskinan yang terjadi di wilayah Jatim.

Pun, ia bilang berkat kerja nyata dan berbagai stimulus kebijakan Khofifah, angka kemiskinan di Jatim juga turun. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan di Jatim dalam kurun 2021-2023 turun sebanyak 383.920 jiwa.

Lalu, tingkat kemiskinan ekstrem di Jatim pada 2020 sebesar 4,4 persen atau setara 1.812.210 jiwa turun menjadi 0,82 persen atau setara 331.970 jiwa hingga 2023. 

Bag dia, Khofifah dianggap sebagai sosok yang terus menguat sebagai gubernur pilihan kiai Nahdlatul Ulama (NU). Keterpilihan Khofifah makin kuat karena masyarakat begitu mendampakan figur pemimpin yang cerdas dan inovatif.

Kiai Makki meyakini Khofifah sebagai figur pemimpin yang berkualitas. Ia mengapresiasi Khofifah yang juga peduli di bidang pendidikan sehingga menunjukkan komitmennya untuk memajukan Jatim.

"Kemarin ketika Bu Khofifah dikasih waktu untuk memimpin di Jatim, beliau kan inovatif dan lain sebagainya," ujanya.

Dalam dinamikanya, Khofifah setidaknya sudah mendapatkan dukungan lebih dari tujuh partai politik menuju pendaftaran pasangan calon kepala daerah Pilgub Jatim 2024. Bahkan parpol yang berada di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) seperti Nasdem dan PKS sudah mendeklarasikan dukungan untuk duet Khofifah-Emil Dardak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya